Selasa, 25 Februari 2014

Emansipasi Wanita! Perlukah?

Diposting oleh Nurul Hasanah di 17.43
Assalamualaikum,

"kenapa sih cewek itu minta-minta emansipasi segala, giliran disuruh kerja yang berat kayak cowok aja ga mau!"

"ah gue sih ga begitu mendukung emansipasi kok"

"terus lu kenapa kuliah ke Jerman?"

"yakan gue ntar bakalan jadi ibu, kalo bisa jadi ibu rumah tangga aja sih gue juga mau"

"Iya terus ngapain kuliah jauh-jauh ke Jerman? kan ujung-ujungnya juga lu buat kerjaan kan!"

"enggak lah, kan ibu rumah tangga pekerjaan paling mulia. Ibu itu madrasah pertama buat anak-anaknya, orang pertama yang bakal ngedidik anak-anaknya, kalo ibunya ga berpendidikan gimana anak-anak lo mau berpendidikan?"

Sepenggal dialog diatas adalah dialog antara saya dan teman saya dikala kerja akhir pekan lalu. Memang sih dia bukan muslim, jadi agak susah untuk menjelaskannya.

Hmmm bicara soal emansipasi wanita, bukannya menentang atau ga setuju sih, lebih ke back to Islam aja deh. Kalo menurut saya buat apasih emansipasi?
Mau semua-semuanya disamakan tapi untuk beberapa hal tetep gamau?
contoh: untuk masalah antrian, biasanya di indo nih sering banget kan denger "ladies first ladies first". Padahal kalo kalian mau nerapin angan-angan persamaan derajat kalian itu, ga ada namanya ladies first gitu kan. Ya kalo mau ngantri atau jalan ya sesuai urutan aja, katanya tadi emansipasi, penyetaraan. Nah jadi sama-sama ngantri kan? mau dibilang setara kan? yaudah jangan gegara identitas kalian cewek jadi alasan buat nyerobot antrian dong.
contoh lain, dalam hal pekerjaan. Biasanya kerjaan berat macem angkat-angkat barang berat gitu kan kerjaan cowok. Biasanya kalian bilang gini kan "angkatin dong, kan aku cewek". Lah katanya emansipasi, penyetaraan, kok ngerjain pekerjaan cowok masih nawar *tepok jidat tetangga*

hmmmhh tarik napas dulu deh,,,,

Ga gitu loh dear, nih ya kalo dalam Islam semuanya itu udah diatur sesuai porsinya. Cewek punya porsinya sendiri, begitupun dengan cowok punya porsinya sendiri. Tinggal ikutin aturan syariat aja deh, wes ga usah repot, aman nyaman tentram wes.

Mau nantangin peraturan Allah? mau buat-buat peraturan baru? Yowes monggo silah keun, saya sih ga ngelarang. Cuma balik lagi deh, sebenernya yang kalian cari dari itu apa to?

Oia balik lagi ke dialog diatas, saya ga ngerti yang dipikirin temen saya itu apa pas nanya "buat apa saya ke Jerman" dan hubungan nya sama emansipasi (pernyataan dia diawal) itu apa. Mungkin sih ya, ini analisa aja sih, mungkin maksudnya dia itu, dia mengkaitkan emansipasi masalah pendidikan. Aduuuh gubraaak, kalo masalah pendidikan mah ga butuh emansipasi deh. Kalo dalam Islam itu yah, yang namanya menuntut ilmu itu wajib bagi setiap muslim. Ada kok hadis dan ayatnya. Tanpa merasiskan gender loh.

"Menuntut ilmu itu wajib atas setiap Muslim" (H.R Bukhari)

nah coba deh cermati secuil hadis diatas, ada ga kata yang menunjukkan kerasisan gender? Ga ada meeen!!! Islam itu agama yang sempurna, ga merasiskan gender jeung hehehe

Tapi emang agak susah kalo mau ngejelasin ke orang yang mindset nya udah beda sama kita, so take it easy aja deh. Wong idup masing-masing kok, nanti di yaumul akhir juga ditanyaknya masing-masing hehhe :v

Udah deh malah ngelantur ntar bahasnya, udah mau maghrib juga,, see you ditulisan selanjutnya ^^



0 komentar:

Posting Komentar

 

Autumn itu Maple Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea