Jumat, 29 November 2013

Obrolan di sela-sela Masak :D

Diposting oleh Nurul Hasanah di 15.52
Reaksi: 
0 komentar Link ke posting ini
Assalamualaikum,

Hari ini ada kuliah cuma sampe jam 11, hoaah rasanyaaa gimana banget hehehehe
Pulang kuliah laper, sampe rumah langsung masak. Nah pas lagi masak tiba-tiba tetangga aku keluar kamar dan langsung nyapa. Ternyata dia hari ini kuliah pagi, dan udah beres. Kirain dia mau ke toilet eh ternyanta dia keluar kamar cuma pengen ngobrol sama aku --"
Yah lumayan lah sembari masak ada yang nemenin ngobrol hihihihi :D

Berawal dari obrolan ringan sampe obrolan berthema keagamaan nih. Aku lupa awalnya kita ngobrolin apa, tiba2 kita ngobrol tentang indonesia dan china -negara dia-
oha erstmal harus ngenalin dia dulu nih, sampe kelupaan hehe

Nama: Qinhang Li
Umur: lupa (atau emang ga pernah nanya heheh)
Status: Mahasiswa (of course -_-")

haha udah ah malah kayak cv ntar. Yap si tetangga aku ini lagi ambil kuliah program diploma gitu. Sebenernya dia udah sarjana di china, tapi disini dia ngulang kuliah dari awal lagi soalnya jurusan yang diambil beda sama jurusan s1 nya dia dulu.

Nah lupa asal muasal tadi ngobrolin apa, ujung2 nya ngobrolin soal negara asal. Ahaa inget nih inget, gegara tadi aku bilang tahun depan aku pingin pindah ke asrama yang jarak nya lebih deket ke uni kita bisa jadi ngobrolin masalah agama. Awalnya dia bilang, kalo aku pindah dia berharap dapet tetangga baru yang punya agama juga, karena dia punya agama. BErmula dari sini kita jadi bertukar informasi soal agama kita masing-masing. Dia bilang, dia  budha. Terus akhirnya kita ngobrolin beberapa perkara, masalah apa yang boleh dan yang ga boleh kita lakuin menurut kepercayaan kita masing-masing. Seperti orang non muslim kebanyakan, dia menyimpan pertanyaan besar "mengapa umat muslim ga boleh makan babi". Akhirnya aku menjelaskannya secara rasional, secara medis dan menyertakan beberapa pendapat menurut para ahli (dalam bentuk jurnal) *tsaaah gaya nih gaya hahha*.
Jadi para peneliti barat udah banyak yang melakukan penelitian mengenai babi (note: peneliti ini non muslim). Dan ternyata ditemukan bahwa DNA babi itu sama dengan DNA manusia. Yang artinya kalo daging tersebut masuk ke tubuh kita, maka tubuh kita akan mengenali nya dalam bentuk yang memang ada dalam tubuh kita, bukan benda asing. Jadi tubuh kita akan menyimpan daging tersebut dalam tubuh, dalam kata lain tidak mengeluarkannya sebagai benda asing (dalam bentuk tinja). Nah, semakin lama kita menimbunnya dalam tubuh, itu akan menyebabkan suatu penyakit kelak. Misalnya aja dari cacing babi yang terkandung didalam daging babi. Dengan ekspresi kaget dan agak jijik dia nunjukin kalo dia ga tau soal ini. Yah aku hanya berharap semoga dengan penjelasannku yang singkat dan ga perfek ini dapat membantu dia untuk mulai memahami islam. Awalnya dia pikir, umat muslim ga boleh makan babi karena babi itu hewan istimewa atau semacamnya, makanya ga boleh disantap hahahha..
Yah wajar aja dia punya pandangan demikian, karena emang dia kan orang budha, yang menganggap hewan adalah bentuk reinkarnasi manusia setelah mati -.-"

Setelah kelar ngebahas si babi, dia lanjut nanya soal islam di irak, afghanistan dan yang lainnya. Nah berbekal sedikit pengetahuan dan beberapa informasi aku mencoba menjelaskan apa yang sebenarnya terjadi dengan bangsa muslim di syiria, palestin, mesir dll. Ternyata dari beberapa penjelasanku yang serba terbatas ini memicu dia untuk ngeluarin unek2 dia. dia bilang "aku tuh ga suka sama amerika. Mereka itu terlalu banyak ngelakuin perbuatan buruk. Terlalu keji. Mereka terlalu banyak membunuh orang. Mereka selalu ribet ngurusin urusan orang lain". 

Aku hanya bisa menimpali, kalo aku bukannya nge"judge" amerika dengan semua hal yang telah mereka lakukan. Mereka seperti itu karena mereka tidak beriman, hidup tak memiliki pedoman, pegangan dan landasan. Kan bangsa barat sekarang ini kebanyakan Atheis. Ga cuma amerika, bangsa eropa pun demikian.

Agak sedikit mudah si diskusi masalah yang menyangkut kepercayaan dengan orang yang memiliki kepercayaan dibandingkan dengan yang ga memiliki sama sekali *pengalaman pribadi* heheh

Mereka mudah menerima dan menganggap okay. Kalo ngejelasin perkara agama sama yang "gak beragama" itu wah susah nya. Banyak perdebatan yang timbul, bukan diskusi ujung-ujung nya --"

ah iya ada yang ketinggalan, jadi tadi itu kita sempet ngebahas muslim di china juga. Dan aku sempet cerita ke dia kalo sebenernya islam masuk ke china itu lebih dulu dari pada ke indonesia. Dia ketawa dan bilang kalo dia ga tau soal itu wkwkwk
Nah dulu temen di Studkoll, si Qi dari china juga pernah cerita, kantin di china itu keren, ada kantin kusus untuk umat muslim. Terus aja aku tanya ke dia, dan dia cerita itu bener ada. Makanan dikantin muslim lebih bersih kata dia nambahin haha. Tapi mereka yang non muslim juga boleh makan disitu, tapi harus bawa alat makan sendiri. Betapa cool nya ini kantin pikirku. Wah di Jerman harus dibuat yang semacam itu juga tambahku sambil tersenyum berharap hihihhi

sebenernya banyak sih tadi yang diobrolin tapi udah nyampur aduk dikepala nih pingin ditulis, ujung-ujungnya buyar. Yaudah segini aja deh cerita kali ini..

masakan jadi, dan diskusi kita akhiri hehehe :)

Kamis, 28 November 2013

Ukhti, ada jurang antara kita :(

Diposting oleh Nurul Hasanah di 14.39
Reaksi: 
0 komentar Link ke posting ini
Assalamualaikum sahabat,

akhirnya penghujung minggu datang juga, yah tadinya mau posting tulisan yang ditumpuk dalam otak ini besok, tapi berhubung ini lagi ada waktu luang sebelum kuliah lagi ya sok sekarang aja, udah ga sabar pengen nulis nih hehehe..

Di tulisan ini ana mau curhat aja lah simpel nya, sebenernya ada beberapa point yang udah ana tulis di kertas kecil sih apa aja yang mau diposting.

Hmmm kebanyakan pembukaan langsung masuk ke ceritanya aja deh hehe..
Beberapa hari ini ada beberapa orang yang ngajak berjabat tangan (non mahram ana), pertama tepatnya minggu lalu, jumat malam setelah pulang biologie praktikum. Ana di kasih tumpangan sama temen ana sampe Mainstation yang kebetulan dia mau ngejemput pacarnya, ya lumayan lah ga perlu nunggu tram hahaha
Keluar dari mobil, si cowok udah nunggu di sebelah pintu. Ana keluar dan berkenalan dengan dia, dia menyodorkan tangannya untuk berjabat tangan dan sebagai tanda perkenalan, nah sontak ana langsung menolak dengan sedikit melambaikan tangan tanda penolakkan. Lalu dengan kilat ana pamit ke temen ana. Keduanya senyum dan memaklumi (mudah-mudahan).. Nah lain cerita nya dengan semalem. Semalem ana ke perpustakaan sama Aisha, teman muslimah dari Austria yang di postingan sebelumnya udah ana ceritain. Pas lagi nyari tempat kosong, kita ketemu dengan salah satu mahasiswa indonesia, cowok, sebut saja Aba. Begitu si Abab ngeliat aku dia langsung senyum dan menyodorkan tangannya seraya menanyakkan kabar. Aku memberikan simbol khas seorang akhwat yang tidak mau berjabatan tangan dengan non mahram. Si abar memaklumi. Setelah sedikit sapa menyapa, aku dan aisya kembali berjalan menuju tempat kosong.

Ternyata apa yang ana lakukan tadi dipandang aneh dan tidak normal oleh Aisha. Dia lantas menegorku dan mengkritik,

"Nurul, apa yang kamu lakuin tadi"
Aku pun menjawab dengan tegas "ya dia bukan mahram, kita ga boleh besalaman dengan dia"
A: "kenapa, kan disini normal!"
N: "Aisyaa, Allah ga cuma ada di Indonesia saja, ga cuma ada di Arab atau Austria aja, tapi Allah ada selalu untuk mengawasi kita"
A: "ya terus kalo ada profesor yang mengenalkan dirinya dan mengajak bersalaman?"
N: "ya lakuin aja seperti yang aku lakuin tadi"
A: "Hey dia Profesor! Dan dia ga akan ngerti sama apa yang kamu lakuin barusan"
N: "ya kalo dia ga ngerti itu tugas kita buat ngejelasin"
A: "ya tapi tetep aja dia Profesor"
N: "ya tetep aja kita harus ngejelasin biar dia ngerti, kalo dia belum ngerti. Kita yang sudah tau, dan kita lah yang memberi tahu aisya"

Aisya merenggut tangan ku sembari mempraktekkan cara salaman yang benar, tangan bertemu tangan.

A: "seperti ini lebih baik" (sambil menyalami ku)
N: "Enggak aisyaa"

Sebelumnya aku pernah posting salah satu gambar yang menunjukkan bahwa antara non mahram tidak boleh berjabat tangan, ternyata dia ngeliat dan langsung koment. Di liat dari koment nya, itu merupakkan hal tidak wajar bagi dia. Dan ternyata dugaan ku benar. Dia mewajarkan berjabatan tangan dengan siapapun. Dan menganggap apabila kita menolak untuk hal itu, itu adalah suatu tindakkan tidak normal.


Aisya mengakhiri perdebatan singkat kita karena mengejar waktu sholat maghrib yang sebenarnya sudah habis..

Setelah sholat dia datang ke tempat kami tadi, aku yang tengah sibuk membaca artikel tentang tata cara makan dan minum sesuai sunah nabi dan artikel soal larangan berjabatan tangan non mahram langsung memberikan layar komputer ke aisya agar ia membaca beberapa hadis yang bertuliskan dalam bahasa arab gundul. Jelas dibawahnya ada terjemahan bahasa indo nya dong, kalo enggak mana ngerti aku. Oiya aku nunjukin hadis-hadis itu gegara, sebelum sampai perpust kita berjalan di City Center. Nah di sini sedang ada Weinachtsmarkt (macam pasar malem kalo di indo, tapi khusus menjelang natal). Di Jalan dia ngajakin beli Waffel (jajanan khas jerman), aku menolak nya dengan bilang, "kita kan mau belajar aisy bukan mau jajan hehhe.. " Aisya sontak ngejawab "ya kita makan sambil jalan aja". Nah ana makin kaget dan langsung bilang ke aisya kalo hal itu ga baik. Dia langsung dengan kritis nya khas orang barat langsung nanya, "kenapa ga boleh, aku di Austria dan teman-temanku lainnya itu normal-normal aja kok, biasa-biasa aja kok, makan sambil berdiri, makan sambil berjalan" aku lalu bertutur "nabi kita tidak mengajarkan demikian aisya". Selama perjalanan ke perpustakaan aisya masih menggerutu dan belum terima. Dia menganggap budaya orang barat yang menurut ku telah meresap dan melekat pada diri nya itu normal. Aku mencoba berkhusnudzon dan ga men"judge" dia, namun sejauh aku berteman dengannya, aku merasakan hal tersebut. Aku takut budaya barat yang dianggapnya normal dan wajar itu menghilangkan nilai-nilai dan ajaran-ajaran sang pedoman umat. Perlahan demi perlahan sedikit demi sedikit itumulai terjadi. Aku mencoba menganalisis apa yang aku rasakan tersebut. Dan mi=uncullah beberapa point yang masih mengambbang dalam kepalaku. Mungkin dia terpengaruh oleh lingkungan tempat dia dilahirkan dan dibesarkan. Walaupun lahir di Austria sebagai seorang muslimah tetap saja kaum muslim adalah bangsa minoritas disana. Kaum atheis yang diganderungi masyarakat barat pada umumnya mendominasi setiap tempat. Yah mungkin dia telah melebur karena awalnya membaur. Ini Perspektiv yang paling positiv yang bisa aku ungkapkan, menghindari "suudzon". Semoga saudari ku itu lekas menjemput dan lekas diberikan hidayah-Nya aamiin...

Kita ini sama ukhti, kita ini satu, kita tidak berbeda. Jangan sampai budaya barat menjadikan jurang pembeda antara kita, karena sesungguhnya kita adalah Saudara :")

Kayaknya segini dulu deh (padahal masih banyak yang pengen ditulis :( ) Insyaallah disambung dengan cerita lainnya,, salam ukhuwah :)

Minggu, 24 November 2013

1. Semester der Humanmedizin

Diposting oleh Nurul Hasanah di 10.55
Reaksi: 
0 komentar Link ke posting ini
Assalamualaikum sahabat,

Sebagai mahasiswa baru yang masih butuh penyesuaian terhadap aktivitas-aktivitas baru, rasa nya cukup melelahkan hehhe.. Oke kali ini ana mau share kegiatan semester pertama di Universitas Leipzig, tapi kusus untuk jurusan ana aja loh ya, kan tiap jurusan jadwal kuliah dan model nya beda-beda.

Nah, untuk jurusan kedokteran di Universität Leipzig ada 3 jenis nih model kuliah nya:
1. Vorlesung
Vorlesung (Vl) itu modelnya, kuliah untuk seluruh mahasiswa 1 angkatan dan 1 jurusan tentunya. Di Vl, Profesor makul akan ngejelasin materi kuliah secara umum. Vl sifatnya bebas, boleh dateng boleh enggak. Vl lamanya 1 atau 2 jam pelajaran.
2. Seminar
Di seminar kita belajarnya bukan sama profesor kita, melainkan sama asisten nya, biasanya asisten-asisten itu adalah mahasiswa Master atau mahasiswa Doktoral. Seminar waktunya lebih singkat dari pada Vl, cuma 45 menit atau 60 menit. Di Seminar kita ngebahas soal yang udah di upload di masing-masing website makul.
3. Praktikum
Yap, sesuai namanya kita mempraktekkan apa yang udah dipelajari di Vl.

Untuk model ujiannya, disini sangat jauh berbeda dengan di Indonesia. Di sini ga ada sistem UTS atau UAS (ujian akhir semester). Ujian disini sangat tergantung sama makul dan profesornya.

Nah sekarang ana mau coba jabarin satu-satu nih dari setiap makul di semester 1 ini.

-Anatomi-
Makul ini punya banyak profesor, jadi setiap bidang/materi kuliah punya profesor nya masing-masing. Jadi kalo udah beres dengan satu materi, berarti materi selanjutnya bukan dibawakan oleh profesor yang tadi, namun profesor yang lain, sesuai dengan keahliannya. Anatomi sendiri selain ada VL Anatomi, ada yang namanya Histologi Kurs. Nah di Histo-Kurs ini kita macem praktikum gitu, mikroskopin semua yang udah kita pelajari di VL. Di Histo-Kurs juga ada dosen pembimbingnya, tapi bukan profesor yang di VL loh ya, ini udah beda lagi.. Terus ada Seminar Anatomi, untuk seminar anatomi ini ana belom tau pastinya nanti bakal gimana bentuknya, soalnya untuk kursgruppe ana belom ada jadwal seminar..
Untuk Ujiannya ada 2, ujian histologi dan ujian anatomi.
Ujian Histologi sebanyak 2 kali, masing-masing ujian ada 15 pertanyaan. Pertanyaan nya itu mengidentifikasi gambar.
Ujian anatomi hanya ada 1 kali, yaitu ujian akhir anatomi, jadwalnya di akhir semester. Nah ujian anatomi ini oral bukan tulis.

-Biologi-
Biologie juga sama ada VL, Seminar dan Praktikum. Nah untuk Seminar dan praktikumnya ini dajadiin satu dalam satu hari, dan lamanya dari jam 13.15 - 18.30. Waah lama banget ya, pasti pada penasaran tuh kita ngapain aja disana lama banget. Tenang-tenang, di hari tersebut kita 1 jam pelajaran seminar, 10 - 15 menit ujian (Antestat) dan sisanya praktikum. What udah test aja? Iya, untuk biologie memang peraturannya dibuat gitu sama si Profesor Poeggel. Jadi di Semester satu ini kita ada 6 kali pertemuan praktikum, dan 5 dari pertemuan itu ada Antestat nya. Setiap Antestat kita dikasih 10 Pertanyaan dengan waktu yang amat singkat. Dari jumlah keseluruhan Antestat itu, kita harus mengumpulkan 30 Point. Nah di ujung Semester nanti ada ujian penutup nya, namanya Abschlussklausur. Di Klausur itu nanti ada 50 soal dan harus ngumpulin minimal 30 pont. Nah kalo point kita sudah memenuhi kriteria baru deh kita dinyatakan lulus!!!!

-Kimia-
Sama seperti Anatomi dan Biologi, Kimia ada VL, seminar dan praktikum. Tapi disemester 1 ini kita belum ada praktikum. Praktikum kimia nanti disemester 2. Nah di Seminar yang waktunya cuma 45 menit, kita ngebahas soal yang udah di upload di internet. Tapi peraturannya, masing-masing dari mahasiswa harus minimal mengerjakan dan menjelaskan 2 soal di papan tulis tanpa membawa catatan. Kalo syarat ini sudah terpenuhi baru deh kita dapet tiket untuk ikut Ujian akhir kimia. Ujian akhir nya itu ga di akhir semester 1 tapi di awal semester 2 nanti.. Jadi liburan dulu baru ujian yak --"

-Fisika-
Nah kalo fisika seminar nya tidak menyeramkan seperti kimia dan biologi hahaha.. Di seminar kita ngebahas soal juga sama dosen, tapi ga perlu ngejelasin tanpa catatan ke depan :D
Fisika punya 2 ujian.. Ujian pertamanya udah deket nih, jatuh pada 14.12.2013 :/
Ujian keduanya sama kayak kimia, setelah liburan hiks hiks keburu lupa nih materi :"(
Untu praktikum fisika juga akan ada di semester 2, jadi semester satu belom ada yaaakk..

-Terminologi-
Buat yang belom tau apa itu terminologi, terminologi itu bahasa latin di bidang kedokteran. Ada Vl dan Praktikum. Nah di praktikum kita latihan gitu. ujiannya alhamdulillah cuma sekali di akhir semester 1 nanti..


ini dia jadwan ana, cuma yang bertanda stabilo aja loh hehe (tetep aja padet --")




Nah itu tadi sedikit yang bisa ana sharing kali ini,,,
semoga bermanfaat.. Ana minta doanya juga nih supaya lancar di semester ini dan seterusnya aamiin

Syukron guys :)
Sampai jumpa di tulisan berikutnya ;)
Salam ukhuwah

follow me on twitter: @_nurulhasanah

Sabtu, 23 November 2013

Hidayah

Diposting oleh Nurul Hasanah di 22.47
Reaksi: 
0 komentar
Assalamualaikum sahabat,

terkadang bila kita ingin berhijrah sering kali kita mengkambing hitamkan hidayah. Misalnya, ingin menutup aurat bilangnya "nanti ah tunggu hidayah, belom dapet hidayah".
Pola pikir ini adalah sebuah pola pikir yang salah yang sudah merajalela di kalangan masyarakat saat ini. Tahukah teman, hidayah itu tidak akan kita dapatkan tanpa usaha dari diri kita sendiri.

Apasih hidayah itu?
Hidayah = Petunjuk
Hidayah adalah petunjuk yang mana datangnya dari Allah, dan akan diturunkan apabila diminta.

Hidayah tersebut ada 3 macam:

1. Hidayah Khulqi
Hidayah khulqi atau hidayah akal pada dasarnya telah dimiliki oleh setiap manusia (berakal)..

2. Hidayah Irsyad wal Bayan
adalah hidayah wahyu, berupa Al'Qur'an dan As-Sunnah.
"Dia lah yang mengutus Rasulnya dengan membawa petunjuk dan agama yang benar agar Dia memenangkannya diatas segala agama-agama meskipun orang-orang musyrik benci"
(As-Shaff : 9)

3. Hidayah Taufiq
nah hidayah taufiq ini lah yang harus kita perjuangkan, harus kita usahakan agar Allah mau menurunkannya kepada kita..


Namun ada juga beberapa golongan yang memang Allah tidak akan memberikan hidayahNya kepada mereka. Golongan tersebut adalah: kaum kafir, fasik dan zhalim.

1. Kaum Kafir
Golongan ini disebutkan sebanyak 4 kali di dalam Al-Qur'an
"Dan Allah tidak memberi petunjuk kepada kaum yang kafir"
siapa itu orang kafir? Dalam Al-Qur'an Allah mengatakan, kaum kafir yaitu ada 2: Pertama orang-orang ahli kitab dan yang kedua orang musyrik

2. Kaum yang Fasik
Golongan ini disebutkan sebanyak 5 kali di dalam Al-Qur'an
"Allah tidak akan memberi petunjuk kepada kaum yang fasik"
siapa itu orang yang fasik?
Orang yang fasik itu adalah:
- yang tidak bisa mengambil pelajaran dari perumpamaan yang Allah berikan
- yang sudah tau yang baik dan buruk namun tetap memilih atau melakukan yang buruk
- yang tidak percaya akan janji Allah

3. Orang Dzholim
Nah untuk golongan yang ketiga ini paling banyak disebutkan di dalam Al-Qur'an, yakni sebanyak 8 kali.
"Allah tidak memberi petunjuk kepada orang yang zalim"
Dzholim = tidak adil

Nah itu tadi beberapa hal menyangkut hidayah, yang materinya ana dapatkan dari video ust. Felix Siauw di Youtube. Antum bisa cari dengan keyword "Agar hidayah menjadi lebih mudah"

Jazakallah khoiran semoga bermanfaat..



Move On!!!!

Diposting oleh Nurul Hasanah di 22.28
Reaksi: 
0 komentar
Assalamualaikum ya shalih(at),

Problematika remaja saat ini ga juah dari yang namanya "Pacaran" dan proses "Move on"..
Seperti yang sudah kita ketahui bahwasannya pacaran, ttm an, atau yang semacamnya adalah hal yang tidak dibenarkan dalam Islam.. Nah sekarang saya ga akan bahas mengenai pacaran, karena emang sudah jelas hukumnya dan sudah banyak bahasannya. So, saya akan berbagi tips ampuh nan jitu, Insyaallah, gimana cara nya move on dan terbebas dari hal-hal ga penting yang suka menghantui otak hahahah

Bagi kebanyakan kalangan, proses move on adalah proses yang sulit. kenapa sulit? menurut analisa saya, itu dikarenakan habit yang udah ada dan ditanam sedemikian lamanya, sehingga dikala antum-antum sudah terbebas dari jerat maksiat pacaran atau sejenisnya, antum masih susah tuh buat ngelupain si doi, bahasa kerennya susah move on #tsaaah

"belajar melupakan itu sama seperti belajar mencintai, sama-sama haruskan waktu yang berjalan, sama-sama perlukan kesabaran" -di kutip dari: Udah Putusin aja karya Felix Siauw, hal. 137-

Saya setuju dengan kalimat diatas, karena pada hakikatnya untuk merubah atau meninggalkan suatu habit yang telah tertanam, kita memerlukan proses yang memerlukan waktu pula di dalamnya. Nah tapi itu bukan berarti, mentang-mentang butuh proses kita mengulur-ulur hal tersebut, bukan yaah hehhe..

mungkin antum-antum bisa praktekim beberapa tips dibahaw ini, untuk membantu proses move on antum sekalian:

- Niatkan karena Allah
Nah niat move on nya dilurusin dulu tuh, karena Allah ya sobat, jangan karena cari yang baru. salah --"
sama aja boong dong, keluar kandang singa masuk mulut harimau -.-"
Udah diniatin aja buat Allah, karena Allah. Insyaallah cepet ikhlas kok..


- Jangan Komunikasi
untuk tahap awal cobalah jangan dulu berkomunikasi dengan si doi, semakin sering komunikasi, semakin susah dan semakin lama dong move on nya -_-"
Ga usah kirim-kirim pesan, ga usah sms, ga usah telpon-telpon,buang aja alat komunikasi ente #eh yang terakhir jangan dilakuin, bisa dimarahin emak ntar --"
kalo doi hubungin duluan gimana? Ya ga usah ditanggepin --"


- Jangan Stalking atau Kepo
Kan lagi proses move on, cobs den hindari kepo nya, biar ga kepikiran --v


- Buat target/kriteria calon pendamping yang lebih tinggi
nah ini nih, coba deh antum nulis kriteria calon pasangan yang jauh lebih tinggi, kan nanti timbul tuh rasa gimana gitu, kalo si doi belom memenuhi kriteria. Jadi cepet deh move on nya, Insyaallah


Segitu dulu deh ya tips move on nya, silahkan dicoba dan dipraktekan :)

Ingat: Allah tidak menciptakan kamu melainkan berpasang-pasangan.. Dan di ayat lain pun di terangkan bahwa lelaki baik-baik untuk wanita baik-baik dan sebaliknya.. Nah disini siapa yang ga kepingin dapet pasangan yang baik? Pasti semua mengharapkan yang terbaik kan, sembari menunggu mari kita memantaskan diri.. Oiya kan tadi udah bikin list tuh apa aja kriteria calon pasangan idaman, nah sekarang bercermin yuk apakah kita sudah memenuhi kriteria yang kita tulis tadi belom. Kalo belom yuk mulai memantaskan diri. Karena telah dikatakan, pendampingmu adalah cerminan dirimu sendiri..
Percaya dan yakinilah akan janji Allah, karena Allah tak akan mengingkari janjinya.


Semoga bermanfaat dear,

Wassalam :)


Dear Ukhti ku nun jauh di sana

Diposting oleh Nurul Hasanah di 22.01
Reaksi: 
0 komentar
Assalamualaikum ukhtiku nun jauh di sana,

ketika SMA aku memiliki beberapa teman karib, sahabat masa itu.. Mereka begitu perhatian, begitu baik..
Namun dulu kami belum mengenal apa itu ukhuwah fillah.. Pertemanan kami mengalir apa adanya, belum berlandaskan Allah..
Semakin kami bertumbuh dewasa, semakin kami banyak belajar, sekarang kami mengerti apa itu ukhuwah fillah.

Sekarang kita memiliki dasar dan landasan yang kuat akan tali persahabatan kami ini..
Meski jarak ribuan mil membentang, meski terpaut waktu yang berjam-jam, namun itu tak menyurutkan kami untuk saling menjaga komunikasi, saling mengingatkan dalam kebaikan, saling sharing, berbagi suka dan duka, memecahkan masalah bersama...
Alhamdulillah ya Robb, Engkau menjadikan ukhuwah ini hidup di jalan yang benar..

Di lain sisi, kini ku-pun mendapati sahabat baru, saudara baru. Kami berteman cukup lama, sejak SMA. Namun dulu kita biasa aja, tidak terlalu dekat. Tapi berkat Mu ya Robb, Engkau persatukan kami dalam ukhuwah yang indah..

Aku tak tau apakah yang kalian rasakan sama dengan apa yang kurasakan, namun aku hanya berusaha yang terbaik lilahitaala. Berusaha uhibbuki fillah til Jannah :)

"teman-teman karib pada hari itu akan bermusuhan satu sama lainnya, kecuali mereka yang bertaqwa" (Az-zukhruf : 67)

>>> yaitu teman-teman dan sahabat yang terikat oleh ikatan selain karena Allah, di hari kiamat nanti mereka akan menjadi musuh. Kecuali ikatan yang terwujud karena Allah SWT. Ikatan itu akan terlihat selamanya

Ukhuwah fillah, ukhuwah karna Allah Ta'ala adalah suatu kenikmatan yang tak terhingga nikmatnya, puji syukur ku haturkan pada mu ya Robb, yang telah memberikan kesempatan untuk merasakan indahnya ukhuwah fillah ini :")

Sahabatku, bila kau tak menemui ku di Jannah kelak, tolong tanyakan aku kepada Robb-Mu..
Semoga ukhuwak kita until Jannah, dan dipertemukan lagi di Jannah Nya, aamiin ya Robbal alaamiin :)

Aisya, muslimah dari Austria

Diposting oleh Nurul Hasanah di 21.47
Reaksi: 
0 komentar
Assalamualaikum,

mau sedikit cerita awal kenal sama akhwat dari Austria nih, lets gooo!!!

Message FB:
Assalamu Alleikum
Ich heiße Aisha und werde mit dir neuer anfangen zum Medizin studieren. Ich kenne dich zwar nicht, habe dir aber trotzdem eine Freundschaftsanfrage gesendet, da ich mich gefreut habe, eine Muslims in  Leipzig gefunden habe! :) 

Lg Aisha

Terjemahan:
Assalamualaikum, nama saya Aisha dan akan memulai kuliah kedokteran bersama kamu. Saya sama sekali belum mengenal mu, namun demikian saya tetap mengirimkan permintaan pertemanan kepada mu, karena saya senang sekali, saya menemukan seorang muslimah di Leipzig!
salam
Aisha.

Kutipan pesan facebook yang tidak sempat terbaca

karena permintaan pertemanan yang belom ana terima sejak dari dia mengirimkan permintaan tersebut. Awalnya ga mau accept, karena emang ga kenal hehe. Kemudian beberapa hari kemudian, agak kepo aku buka fb timeline dia dan ternyata terpampang di info nya kalo dia juga satu jurusan dan satu unive sama ana. alhasil yaudah nothing to los, accept aja deh hehehe.. Nah setelah ana acc tuh, dia ngechat ana, ngucapin salam. Disitu baru sadar ternyata dia pernah ngirim pesan agak panjang hahaha.. Akhirnya kita berbalas pesan dan saling berkenalan. Dia adalah warga Austria, lahir di sana, dan dibesarkan disana. Orang tua nya berasal dari Mesir yang sudah puluhan tahun pindah dan menetap di Austria..



Dihari pertama kuliah..
Aku memasuki pintu Hörsaal Anatomi dan menoleh kearah kiri bawah, aku melihat seorang wanita mengenakan kerudung agak panjang menutupi dada. Aku langsung menduga bahwa itu aisya, karena teman-teman akhwat ku yang lainnya yang berasal dari Arab dan Syiria, mereka tidak mengenakan khimar seperti itu. Langsung saja aku menghapiri akhwat itu, dan mengucapkan salam. 

Nurul: Assalamualaiku, kamu pasti aisya ya?
Aisya: Waalaikumsalam, kamu nurul kan?

sejak saat itu kami memulai pertemanan secara real dan nyata hehe ga di dunia facebook aja :p
mulai dari pertemuan pertama itu, aku sudah merasakan kedekatan yang begitu berbeda bila dibandingkan dengan kedekatan ku dengan teman-teman non muslim ku, yang kami sudah dekat lebih dulu dan lebih lama. Ternyata ikatan yang memiliki landasan itu berbeda dengan ikatan yang tanpa dasar. Subhanallah :")
Dan Alhamdulillah kami berteman baik hingga sekarang, semoga ukhuwah kami berlandaskan atas kecintaan kami terhadap sang pemilik ruh, berlandaskan kepada ketaqwaan kami terhadap Pencipta kami, dan agama yang kami junjung dan semoga ukhuwah kami akan kekal sampai ke Jannah Aamiin


Biaya Kuliah, perlukah? Kerja Parttime, bisakah?

Diposting oleh Nurul Hasanah di 21.19
Reaksi: 
0 komentar
Assalamualaikum sahabat, kali ini ana akan berbagi pengalaman dan sedikit sharing informasi masalah biaya kuliah di Jerman nih..

Untuk kebanyakan orang kalo denger kuliah di luar negeri, pasti hal yang terlintas dikepalanya adalah "Waah itu pasti biayanya mahal". Yap, betul.. memang dalam urusan pendidikan tidak terlepas dari persoalan yang satu ini, oleh karena itu ana mau sedikit cerita atau curhat lah ini intinya hehehe..

Hmmm biaya pendidikan, sebetulnya kuliah di Jerman itu untuk S1 selagi kita kuliah di Universitas Negeri, kita tidak perlu mengeluarkan biaya yang sangat besar. Sebagai contoh saya sendiri nih. Saya kuliah di University of Leipzig jurusan Kedokteran.. Disini tidak ada yang namnaya uang masuk, atau uang sumbangan, atau uang bangunan atau apalah itu namanya, seperti yang ada di Indonesia. Kalo di Indonesia biasanya ketika kita memasuki perguruan tinggi, kita diharuskan membayar sejumlah uang di luar uang semester. Nah itu bedanya, di sini ga ada istilah seperti itu. Jadi kita masuk Universitas ya gratis, tanpa ada uang-uang semacam itu..

Uang semester pun di sini ga ada kok, memang di awal semester kita harus membayar sejumlah uang, tapi jumlah nya juga tidak begitu besar, dan semua jurusan nominalnya sama. Uang ini adalah dana atau biaya untuk: kemahasiswaan, Student service (misalnya: untuk semester tiket dan asrama mahasiswa)..

Nah untuk semester tiket -tiket untuk alat transportasi yang biasanya mencakup satu atau beberapa negara bagian, atau cuma satu kota- ini bukan sebuah kewajiban buat dimiliki, ya kalo kita punya alat transportasi sendiri atau rela jalan kaki kemana-mana sih aku rasa ga perlu beli semester tiket ini hehe. Nah sesuai namanya, tiket ini berlaku 1 semester dan hanya berlaku kalo kita punya kartu mahasiswa. Semester tiket jauh lebih murah dari pada tiket harian, mingguan atau bulanan, karena kita mendapat diskon mahasiswa, yang pada paragraf sebelumnya sudah saya jelaskan bahwa kita harus membayar sejumlah uang ke Universitas, dan salah satu fasilitas dari student service adalah, kita diperbolehkan membeli semester tiket ini.

Pengeluaran lain di awal semester mungkin buku-buku. Ada beberapa script yang wajib harus kudu dibeli. Biasanya script wajib itu adalah script praktikum.. Harganya berbeda-beda.
Untuk buku yang lainnya, misal buku untuk belajar, ga harus beli. Bisa pinjem kakak tingkat atau pinjem di perpustakaan. Atau kalo pun pengen beli sih sok atuh ga masalah, punya pribadi malah lebih maknyus. Bisa dicoret-coret dan ga takut rusak hehehe

Rumah!!!! Nah sekarang kita bahas biaya rumah yah.. Untuk rumah biasanya mahasiswa tinggal di Apartemen atau asrama mahasiswa. Tinggal disini jauh lebih murah, karena biasanya sudah berisi mobel, Internet, listrik, air dan pemanas ruangan juga sudah inklud, ga harus bayar sewa ekstra. Tapi kalo mau sewa rumah secara privat (Privatwohnheim), artinya bukan tinggal di asrama mahasiswa juga boleh. Tapi privatwohnheim biasanya kosongan, belom ada mobel nya, yang artinya kita harus isi sendiri tuh rumah. Listrik, internet, air dan pemanas ruangan juga ada harga sewa ekstra biasanya. Kalo saya orangnya ga mau ribet, ambil yang udah jadi aja, yap Studentenwohnheim (Asrama mahasiswa) hehehhe --v

Asuransi. Kalo tinggal di luar negeri salah satu kewajiban kita adalah punya asuransi. Asuransi ada 2 macem, privat dan negeri. Yang privat biasanya lebih murah biaya per bulannya, tapi qualitasnya jauh berbeda dengan yang negeri. Nah kalo sudah jadi mahasiswa harus kudu wajib punya yang negeri. Kalo enggak kita ga bisa daftar ulang hehehe

apa lagi yaaa???? hmm???
Ach iyaa, biaya sehari-hari..
Untuk keperluan sehari-hari tergantung kita sih, mau irit atau boros kan kita yang ngatur pengeluaran heheheh..

Berikut ana kasih contoh pengeluaran wajib ana semester ini dalam mata uang euro:

- Daftar ulang : 114,5/semester
- Semestertiket: 94/semester
- Rumah : 170/bulan
- Asuransi : 77/bulan
- Pulsa : 27,5/bulan
- Kebutuhan pokok : Tidak pasti

Tingginya biaya daftar ulang dan semester tiket bisa berubah, sewa rumah juga bisa naik sewaktu-waktu..
Ini contoh biaya ana saja loh, biaya teman yang lain dan yang tinggal di kota lain bisa lebih mahal dan bisa juga lebih murah. Buat wacana aja, tapi jangan terpatok dengan pengeluaran ana ini hehehe :D


Nah sekarang bahas soal kerjaan yuk. Cari kerja parttime disini ga mudah, dan kalo pun ada tergantung kita nya juga sih, apa kita bisa bagi waktu antara kuliah, belajar dan bekerja. Sekedar tips kalo antum tipe yang ga bisa megang banyak kerjaan, atau yang ga bisa fokus dengan banyak kerjaan, kayaknya antum lebih baik buang jauh-jauh tuh pikiran parttime. Karena kerja disini memang sangat menguras tenaga. Ana pernah nyoba, beberapa kali parttime, ternyata sulit juga ya. Selain sulit membagi waktu antara belajar dan bekerja, problem nya adalah rasa lelah usai bekerja yang biasa nya agak bandel nih pergi dari badan, ngebuat susah konsentrasi.. hehhee
Tapi kalo antum tipe yang ga mudah capek, energik dan bisa bagi waktu plus tetep bisa fokus ke banyak bidang ya sok atuh, kan lumayan tuh bantu biaya, biar ortu ga terlalu banyak ngirimin uang heheheh...

nah itu tadi sedikit info yang bisa ana sharing, semoga dapat membantu antum-antum yang pingin kuliah di Jerman :)

Wasalam


Langkah-langkah ke Jerman

Diposting oleh Nurul Hasanah di 14.00
Reaksi: 
0 komentar
Assalamualaikum, sahabat kali ini aku mau sedikit berbagi pengalaman aku hingga bisa berada di negeri Teknologi ini..

Menjelang Ujian Nasional SMA, seiringan dengan berbagai promosi Universitas dari Mahasiswa-mahasiswa yang berasal dari Metro, datanglah beberapa orang dari sebuah lembaga konsultasi pendidikan ke luar negeri.. Waktu itu kalo ga salah mereka cuma dikasih ijin oleh Waka Humas untuk memasuki beberapa kelas saja. Kebetulan kelas kami XII IPA 3 mendapat kesempatan untuk mendengarkan info ini. Awal nya aku, ines dan wulan yang pas itu kebetulan duduk paling depan di Lab Fisika kalo ga salah, ga ada rasa ketertarikan sama sekali. Nah Iseng-iseng kita nanya-nanya gitu deh gegara ngeliat yang lainnya pada heboh gitu,, hheh
Singkat cerita kita ikutan daftar seminar yang mereka adain sebulan kemudian. Di seminar tersebut kita harus bawa wali murid. So, karena orang tua aku tinggal nya agak Jauh dari Kota Metro, saat itu aku membawa Uwak aku..

Singkat cerita lagi hahah disingkat-singkat mulu nih, akhirnya aku tertarik, cerita ke orang tua, dan Alhamdulillah di ijinin.

Daftar ke Agen tersebut, dan resmi jadi salah satu siswanya.

Seusai UAN, aku mulai Les intensiv di Agen tersebut. Les bahasa yang 1 kelas isinya sekitar 10 orang kurang lebih. Les nya cukup intensiv, dan Alhamdulillah berjalan lancar. Kami seangkatan lulus tepat waktu, mulai dari ujian level A1, A2 sampai B1.
Setelah kelar ujian B1 dan dinyatakan lulus, kami mulai mempersiapkan hal-hal atau barang-barang pribadi yang akan dibawa ke JErman, sementara itu, pihak agen mempersiapkan hal-hal penting, seperti penerjemahan dokumen, persiapan buat paspor, akun bank dan visa. Mereka yang urus semuanya, sampe pendaftaran Studkol pun mereka yang urus. Pokoknya kita terima beres deh..
Nah setelah semuanya siap, BErangkat deh!!!!

Tapi komplain untuk agen tersebut sedikit banyak sudah ada dan beredar dimana-mana. Disini ana ga mau membuka aib orang, namun ana disini hanya ingin menyarankan untuk meneliti dan lakukan cross and check terlebih dahulu juga ingin memutuskan memilih jalur ini (jalur melalui agen).

Nah waktu yang dibutuhin buat les bahasa di indo plus proses dan prosedur hingga berangkat ke jerman butuh waktu kurang lebih aku dulu setengah tahunan. Januari 2012 tiba di Jerman, oia aku lulusan tahun 2011 SMA N 1 Metro - Lampung (biar apa gitu di tulis?)

sesampainya di Jerman Alhamdulillah ga perlu nunggu lama, 2 kali ikut tes seleksi masuk STK langsung nembus. Seleksi pertama waktu itu ikut di STK Uni Marburg atau apalah itu namanya panjang plus susah, dan sekarang udah lupa haha, seleksi pertama ini gagal alias kagak lolos. Gimana mau lolos itu seleksi waktunya pas beberapa saat sampe Jerman meen. Masih Jetleg, kultur shocking, kedinginan (datengnya januari sih tapi winternya masih nyisa, dan itu dinginnya ga ada obat deh). Yaudah deh nothing to lose ngerjain sebisanya aja.

Note: les bahasa kurang lebih 3 bulan, setelah itu nganggur ga ada kegiatan yang berhubungan dengan bahasa jerman sampe berangkat, nah hampir setengah tahunan juga ini, jadi wajar ya wajar anggep aja wajar haha maksa, ya jadi gitu deh ga lulus deh ujian di marburg huhuhu sedih :(

nah sekitar sebulanan kemudian ada tes di Leipzig, disini nih alhamdulillah lolos guys!!!

STK selama 2 Semester (normal, bisa cepet bisa molor, paling cepet 1 semester kalo kalian pinternya ga ada obat). Lulus STK di Sommersemester 2013, nah karena kedokteran itu pendaftarannya kebanyakan uni di Wintersemester alhasil musti nunggu deh 1 semester lagi. Untuk STK bisa dibaca disini http://autumnitumaple.blogspot.de/2013/12/studienkolleg-part-1.html dan satu lagi disini http://autumnitumaple.blogspot.de/2013/12/studienkolleg-part-2.html

Selama nunggu pendaftaran, aku praktikum di Uni klinikum Leipzig, tentang pflegepraktikum bisa dilihat disini http://autumnitumaple.blogspot.de/2013/12/pflegepraktikum.html .

Yah dipikir pikir sih emang agak rugi ya kalo musti nunggu, tapi ambil hikmahnya aja, seenggaknya bisa nabung praktikum, ikut kurs bahasa latin buat persiapan, plus bisa sebulan balik ke indo, oiya plus lagi bisa nabung (kerjaaah!!!) hahah


itu tadi cerita singkat gimana aku bisa ke Jerman, untuk teman-teman yang ingin lebih tau rincinya gimana, dan pingin urus semuanya sendiri, mungkin bisa baca tulisan saya di http://majalah1000guru.net/2013/10/menjemput-mimpi-negeri-teknologi/

ingin bercuap-cuap ria? you can follow me on twitter: @_nurulhasanah
Syukron :)

Bolos Anatomie

Diposting oleh Nurul Hasanah di 13.45
Reaksi: 
0 komentar
Assalamualaikum, Shoba khul khoir ya Ukhti, dan para sahabat:)

Alhamdulillah akhirnya setelah menunggu nunggu datangnya weekend, hari itu tiba juga. Agak Hectic gara-gara bangun kesiangan, padahal udah planing banyak banget di to do list. Oke kalo gitu let's go!!!

Erstmal mau nulis intermezo dulu ah, Jadi cerita ini kejadiannya 2 hari yang lalu. Yap, kamis, 21 November 2013..

Di dalam Tram, aku yang tengah asik membaca novel 99 cahaya di langit eropa yang aku pinjam dari salah seorang teman asal Indo juga tiba-tiba dikejutkan oleh suara khas mailinh, teman dekat ku dari vietnam.

Mailinh: Morgen,,, hay nurul
Nurul: morgen, ah kamu!!! kok kamu disini?
M: aku telaat, aku kira kamu masuk kuliah Anatomie tadi,
N: aku juga berpikiran demikian, wah padahal aku mau pinjem catetan Anatomie kamu loh, eh malah kita sama-sama ngebolos ternyata. Kamu bangun kesiangan?
M: iya, aku bangun kesiangan makanya telat, kamu?
N: ja ja, aku juga tapi ga terlalu siang sih, sebenernya aku tadi udah berangkat tapi di jalan ada kotrol tiket, nah pas aku cari2 dompet di tas, ternyata dompet ku ga ada, akhirnya aku turun di halte pertama terus aku balik lagi, nah aku pikir kalo aku berangkat ujung2 nya juga telat, yaudah bolos aja deh hahaha..
M: hahaha aku juga sebenernya tadi masih bisa sih kalo mau berangkat cuma aku males, aku bolos aja..
N dan M: tertawaaa... hahahaha

Turun dari Tram, di jalan menuju institut fisika:
N: yaudah deh kita ntar pinjem catetan olivia aja, -salah satu teman jerman yang dekat dengan kami-
M: itu bakal lucu banget deh kalo misal si olivia juga ga masuk kuliah anatomi tadi

Ga sengaja aku melihat ke sebelah kanan, daaan

N: Naaa duu!!! nah kamu!! Olovia!!!??!!
Olivia: Yaaa :D
N: kamu juga tadi ga dateng ke anatomi
O: enggak heheh :D
N: baru aja aku sama mailinh ngobrol mau pinjem catetan kamu, eh kamu juga ga masuk -.-
M: iyaa kita baru aja ngomongin itu -,-"

semua tertawa terbahak-bahak~

Jadi kita bertiga, tiga serangkai kagak masuk ke makul anatomi hari itu, ini sebuah kebetulan yang enggak baik banget deh -,,-"""

Rabu, 20 November 2013

Don't Laugh please!

Diposting oleh Nurul Hasanah di 00.00
Reaksi: 
0 komentar
Assalamualaikum teman,,, Intermezo dulu yuk hehhe

Please banget setelah kalian baca tulisan ini jangan ketawa, jangan senyum-senyum!

Jadi hari ini pulang kuliah lebih awal dari jadwal, seneng bangeeeet haha, soalnya jadi bisa ke Zentrum. Toko pertama yang dituju : LEHMANNS!
Beberapa hari yang lalu dapet Gutschein lumayan 20 Euro, niatnya mau ditukerin buku praktikum fisika sama kimia. Harga total 2 buku itu 21 Euro, nah parahnya aku ga ngambil uang cash dulu nih di atm, pas banget di dompet sama sekali ga ada euro. Kata si mbak kasir nya, "bisa bayar pake kartunya minimal 5 euro"..
aaaaakk berasaa brrrr, akhirnya oke aku putusin ke atm dulu. Niatnya cuma mau ambil 20 aja tuh buat bayar si mbak nya tadi, kan cuma kurang 1 euro, eh tau nya mesin atm ada 3 dan semua nya eror. Minimal ngambil boleh nya 50. Mau ga mau harus mau. 
Keluar dari bank menuju toko buku, mampir ke toko asia (Mekong), yah bener-bener lagi ga banget. Tempe, teri dan cabe yang aku cari lagi kosong -.-
Terpaksa deh harus mengurungkan niat buat masak sambel teri plus tempe goreng buat lunch hari ini. Ah mana itu tadi laper ga karuan, sabar sabar...

So, udah sampe Lehmanns langsung menuju kasir. 
Akhirnya beres,,,,
Nah sekalian mumpung keluar, sekalian belanja ke dm.

Nalik ke rumah udah jam 14 lewat, perut kosong, kaki pegal2 gegara bolak balik dari Augustusplatz ke Hbf balik lagi ke Augustusplatz..

Alhasil malem ini ga jadi ikut tutorium fisika gegara tidur siang kelamaan plus ga ada mood banget hahahahah..

Nyoba nginget-nginget catetan yang tadi aku tulis pas pause nunggu kuliah kimia.. Macem to do list buat hari ini. Daaan do you know, ini dia to do list nya:
  • Nulis
  • Biologie
  • Chemie
Nah minimal hari ini harus ngelakuin tiga hal itu.. Tapi realita nya yg terjadi hari ini adalaaaahhh TAAARAAAA!!!

Tidur siang kelamaan, bangun-bangun abis sholat dan ritual lainnya, ngangkut pakaian kotor ke ruangan cuci baju, terus ke Minimarket beli roti & air *kelamaan liat-liatnya aja sih dari pada milih barang yg mau dibeli*, terus balik rencananya mau langsung belajar kimia atau fisika, abis itu baru biologie, dan terakhir baru deh memenuhi hobby baru >>> nuliiiss!!! :)

Tapi!!!! Yang ada:
sampe rumah > sholat isya dan ritual lainnya > buka laptop dan asyik ngedesign blog sampe larut..
Padahal basil design amatiran nya gagal total, bukannya makin kece malah blog nya jadi aneh banget. Udah masuk tengah malem, badan makin capek akhirnya nyerah deh ngutak ngatik tuh blog. Aku mutusin buat blog baru aja dan copas postingan sebelumnya, terus delete tuh blog yang sudah menganeh ria hasil uji coba. good news nya untung belom banyak tuh tulisannya hahahha lol banget ga sih...

*Note: ga pake senyum-senyum yaaa!!!

Selasa, 19 November 2013

Seperti apa sih pakaian Muslimah itu?

Diposting oleh Nurul Hasanah di 23.41
Reaksi: 
0 komentar
Assalamualaikum para shalih(ah),,

Beberapa hari yang lalu sempat ngobrol sama temen, dari Dominika Republik. Haena namanya.
Tiba-tiba dia membuka obrolan, menanyakan mengenai pakaian orang muslim.

Haena: "Nurul, aku boleh tanya sesuatu?"
Nurul: "oh iya tentu aja, apa?"
H: "kamu sama si alaa pake rok mulu, itu karna tradisi kalian atau karna pengen aja?"
N: "oh, itu sudah aturan di agama kami"
H: "Tapi si A kok dia ga pake rok, aku liat dia pake kerudung sama seperti kalian, tapi dia pake pakaian normal, semua jenis pakaian dia pakai"
N: "Aku ga tau alasan dia apa mengenakan pakaian seperti itu, mungkin dia belom tau bagaimana seharusnya seorang Muslimah berpakaian"
H: "Tapi kamu boleh ga sih pake celana kayak dia, kayak aku juga?"
N: "tentu boleh, ini aku ngerangkep rok aku pake celana kok"
H: "enggak enggak, maksud aku kalo keluar gitu?"
N: "oh, kalo keluar ya ga boleh. kita harus make baju terusan atau pake rok"
H: "oh gitu, tapi kalo kerudung kalian harus pake ya, dan warnanya ditentuin ga sih soalnya alaa pakenya yang geleb-geleb mulu aku perhatiin?"
N: "kalo kerudung juga wajib, aturannya adalah sampai menutupi dada. Lebih panjang boleh, lebih pendek ga boleh, warna nya terserah heheh. si alaa pake yang gelab-gelab gitu karena dia dari arab, disana ga boleh pake pakaian yang warnanya mencolok (dalam hati: ini bahasanya udah masuk ke soal tabaruj deh, bakal panjang nih ngejelasinnya. butuh waktu lebih lama tapi udah mau masuk kelas)"
H: "oh gitu, eh iya si B itu muslim juga?"
N: "iya dia muslim juga, kenapa?"
H: "kok dia ga pake kerudung?"
N: "heheh, na ja di dunia ini juga ada orang jahat ada orang baik. Begitupun dengan agama, ada yang taat dan ada yang belom atau tidak"
H: "aku bingung dan penasaran sih sebenernya. Soalnya kalian itu kan agamanya sama, tapi penampilan kalian itu sangat berbeda-beda, nah yang bener tuh yang mana sebenernya"
N: "na ja, seperti analog yg aku bilang tadi, kan ga semua orang di dunia ini sejenis, hehe.. kita ngobrolin ini kapan-kapan lagi ya, udah harus masuk kelas"


Dari dialog diatas mungkin teman-teman bisa menyimpulkan..
Sedih sekali rasanya, kita itu satu, namun mengapa kita berbeda-beda. Fashion telah memecah belah kan kita. Gaya hidup yang bebas telah mencerai kan kita dari tuntunan syariat..
Inilah tugas kita, saatnya kita beraksi.. Tebarkan islam, jangan jadikan kita berbeda, karena sesungguhnya kita itu sama, kita itu satu..

Indonesien vs Asia lainnya

Diposting oleh Nurul Hasanah di 23.40
Reaksi: 
0 komentar
Assalamualaikum,,

Agak terpingkal kalo diinget-inget kejadian tadi siang..
Di sela-sela Pause kuliah, aku, sijing dan mai linh jalan dari Institut Anatomi menuju institut Fisika.. Nah di Jalan kita ngobrol, bercanda..

Lupa deh awalnya gimana, tiba-tiba kita ngomongin salah satu temen dari indo yang mukanya ke cina-cinaan gitu. Ya maklum emang keturan kali..
Eh si sijing sama mailinh tiba-tiba ngeledekin..

Sijing: "Orang asia itu normal mukanya emang hampir mirip-mirp, liat aja aku dari cina sama mailinh dari vietnam, muka kami mirip kan model-modelnya.. "

Mailinh seketika langsung nge iya in omongan sijing yang ngeledek aku tadi,,

dia ngelanjutin omongannya yg belom selesai tadi "Kalian aja yang beda, asia-asia lainnya mah mirip-mirip"

BErasa agak gimana gitu aku langsung ngejawab, "iya, kalian itu terlihat sipit sedangkan indonesia enggak"

Sijing: "kita ga sipit, kalian aja yang matanya besar"

nah loh makin parah nih ngeledeknya, si mailinh udah terpingkal-pingkal aja jalan disebelah kiri aku..

Aku: "hey, mata kami ukurannya normal, coba deh liat tuh orang-orang eropa lainnya, matanya juga sama kayak kita, kalian itu sipit"

Sijing dan mailinh tetep ga terima menemrima kenyataan kalo mereka itu emang sipit -_-""

capek debat akhirnya kita nganget di sebuah minimarket dan langsung mengakhiri candaan kami tadi.. 

-bersambung-

Ukhuwah itu Indah

Diposting oleh Nurul Hasanah di 23.40
Reaksi: 
0 komentar
Assalamualaikum ya ukhti,,

Beberapa hari yang lalu ngebaca quote yang bunyinya gini:

"Jika kita ingin berhijrah ke jalan Allah, Allah akan mengirimkan hamba-hambaNya yang sholeh untuk mendampingi kita di dalam penghijrahan itu"

ini pas banget, dan seriously ini aku rasain dan aku alamin..

Awal mula kejadian,
jeng jeng jeng...

Yap, setelah berhijrah pakaian (tulisan sebelumnya) diiringi hijrah kelakuan, dan perdalam pengetahuan, Allah mengirimkan sesuatu yang sangat sangat paling aku butuhkan, yang Ia kirim dari jalan yang tak disangka sangka, Subhanallah..

Berawal dari retweet sebuah akun islami, kemudian ga tau nya di bales sama adminnya, huwoooo jarang-jarang kan heheheh.. Nah ternyata itu akun lagi ngadain sayembara gitu.. Sayembara kayak apaan aja nih bahasanya, haduuh -_-"..
Iya jadi akun tsb sedang membuka lowongan, *nah malah lowongan*, salah bahasa lagi x_x
serius deh serius nih kali ini, hehe
Yap, jadi akun tsb sedang membuka kesempatan buat para followersnya buat gabung menjadi part of akun tsb.. Awalnya ga ngerti maksudnya apa, tiba-tiba di mention "Jangan lupa kirim CV nya ya ukhti".. Lah bingung, karena penasaran, aku tanya dan bales-balesan mention beberapa kali sama si admin.. Kemudian di suruh buka Favorite nya, terus akhirnya aku kepoin tuh akun hehehhe...

Berawal dari kebingungan dan rasa pingin tahu alias penasaran akhirnya aku kontak cp akun tsb.. Udah dijelasin dan ngerti, aku inget pesen dari ukhti trb untuk ngajakin temen-temen yang lain supaya daftar atau ngirim cv nya.. Aku langsung ngajakin salah satu sahabat aku di Indo, dia enggak mau sih, takut, ga berani katanya.. Awalnya aku juga minder, pengetahuan agamaku masih sempit, ah aku minder. Terus berhari-hari kepikiran dan pada akhirnya terlintas "mungkin dengan ini aku bisa memperluas dakwah, menambah pengetahuan sudah pasti, banyak belajar, dan yang pasti lagi mejalin ukhuwah fillah". Oke berlandaskan pikiran yg terus-terusan melayang-layang di otak tsb akhirnya dengan Bismillah ngisi cv yang udah di kirim via Email oleh admin akun tsb. Pengirimannya juga mepet banget, udah mau ditutup tuh pendaftarannya heheheh...

So singkat cerita, Alhamdulillah aku lolos seleksiiii!!! Tak salah dugaan ku, ini adalah jalan dari Allah untuk membantuku berlari menujuNya..

Awalnya malu-malu ketika bergabung dengan group Whats up, kemudian kami saling berkenalan satu sama lain, saling bercanda, berbagi tawa, berbagi informasi, saling mengingatkan. Sadar atau tidak disadari, sudah terjalin rasa kasih sayang antara kami bersama. Meski ribuan mil jarak membentang, perbedaan waktu berjam-jam. Meski kami belum pernah secara langsung berkenalan, namu rasa itu mulai ada. Aku merasakannya, sangat merasakannya.. Kedamaian, keindahan, kasih sayang dalam ukhuwah ini.. Subhanallah ras tersebit tak terkira, tak mampu ku merangkai kata untuk mengungkapkannya..

Uhibbuki fillah ukhti-ukhti ku..
Teh aini, kak Rihan, Kak Desi, Mbak susi, mbak indah, mbak wiji, ukhti meila, ukhti dessi kecil
Semoga kita dapat bersua, bertatap-muka dan saling memeluk hangat..


Mari Berhijrah Ukhti

Diposting oleh Nurul Hasanah di 23.39
Reaksi: 
0 komentar
Assalamualaikum ya ukhti shalihat,,

Aku belum lama berhijrah mengenakan pakaian yang mudah-mudahan sesuai syar'i. Ini semua berawal ketika sepulang dari Indonesia beberapa bulan yang lalu. Juli-Agustus Alhamdulillah aku diberi kesempatan untuk mudik, mengunjungi kampung halaman, melepas rindu yang kurang lebih 1,5 tahun terpendam. Rindu akan umi dan abi, rindu akan ani dan nisa (kedua adik perempuanku), rindu akan suasana kampung, dan yang paling utama adalah rindu akan masakan umi hihiihhi..

Awal mula aku mengenakan khimar itu ketika aku masuk SMA N 1 Metro, Lampung. Yap, namun dulu ketika aku memutuskan memakainya aku belum tau makna surat al-ahzab 59, an-nur 31. Jangan kan mengenai surat dan hadis, aku memakai nya pun cuma ngikut trend. Trend nya kalo udah masuk SMA pada pakai kerudung, nah dasar nya aja udah salah, makanya jadi kesasar deh. Astagfirullah...
Ke sekolah, ke tempat les dan keacara-acara resmi aja tuh aku pake kerudung. Sisanya, ya kembali umbar aurat. Bener-bener masih jahiliyah banget :(

Hingga akhirnya aku berniat kalo udah sampe jerman aku bakalan pake kerudung terus deh, ga lepas pake lagi. Alhamdulillah mulai dari sini sudah mulai ada sinar, pencerahan gitu haha..
Setahun setengah berjalan, pakaian sih menutup aurat, namun ala kadarnya. Malah ga mau ketinggalan jaman, segala bentuk pakaian terbaru dikoleksi, segala model tutorial khimar di youtube didownload. HAhaha ini juga ga bener sob..

oke skip..

Nah pada akhirnya ketika pulang ke Indo kemaren, mulai ada niatan pingin ngumpulin rok.. Mulai tuh cari-cari rok.. Di bawa ke jerman yeeeyyy!!!
Setelah kembali lagi ke Jerman, aku mulai banyak belajar, mencari tahu lebih dalam lagi mengenai "Hijab", dan singkat ceritanya Alhamdulillah hidayah itu datang..

Mulai belajar ku mengenakan pakaian-pakaian tersebut, pakaian yang sesuai dengan tuntunan. Mulai kusimpan baju-baju sok modis namun ternyata katrok itu haha, khimar kuulurkan sepanjang mungkin dan mulai ngoleksi gamis hehe.. Nah sekarang udah ga ribet deh nontonin tutorial ini itu. Tutor nya udah jelas kok, mau tau?? ini dia rumusnya:

>>>>> (24:31) + (33:59) + (33:33) <<<<<

Sekarang sudah nyaman dan gak kepingin ganti model yang aneh-aneh bin ribet itu lagi..

Seiring dengan hijrah pakaian, hijrah kelakuan pun mengikuti.. Alhamdulillah banyak sekalai perubahan positiv yang dirasain.. Cobain deh, dijamin ga akan nyesel, eh doch nyesel deng.. Nyesel kenapa ga dari dulu!!! hahahaha

Dan do you know guys, mash ban yak sekali manfaat dan khasiat yang aku dap at setelah berhijrah pakaian ini loh...



Ganti Judul :D (4 MUSIM)

Diposting oleh Nurul Hasanah di 23.38
Reaksi: 
0 komentar
Assalamualaikum kawan,,

senyum-senyum sendiri, ga konsisten banget sama pemilihan judul blog. Oke-oke jadi gini nih, awal meluncur kemaren ceritanya masih bingung mau namain apa nih blognya. So, asal tulis aja deh akhirnya. Nah tadi pas pulang kuliah, lagi si jalan kepikiran banget, "kok kayaknya nama blog nya flatttt banget ya, pingin ganti aja deh".
nah terus kepikiran tuh, gegara ngeliahat pohon2 maple di jalanan udah pada mulai kehilangan semua daun-daun indahnya, akhirnya kepikiran deh sama musim gugur kali ini. 

Yap AUTUMN! 
Orang biasa nyebutnya Fall. Mulai dari tahun kemaren, tahun pertama aku menginjakkan kaki di benua Eropa inilah aku mulai merasakan 4 musim yang berbeda. Kedatangan ku di Januari 2012 ternyata masih menyisakan winter yang enggan beranjak terlalu cepat. Awalnya agak susah juga sih beradaptasi dengan lingkungan baru, dan posisinya itu enggak banget ya, secara berasal dari negeri tropis yang kaya akan sinar matahari dengan temperatur yang stabil, tiba-tiba mendarat di negeri 4 musim di kala winter, oh noooo!!! etapi gapapa lah seenggaknya bisa ngerasain lembutnya butiran-butiran putih yang turun dari langit, di indo ga ada kan :p
Winter pertama so excited sama salju, maklum katrok di negara saya ga ada loh soalnya hehehe..
layaknya umat indo pada umumnya, ketemu yang agak nyeleneh dikit pengennya foto hehee
begitu pertama kali ngeliat salju langsung buru-buru sama temen-temen (indo pastinya) keluar rumah langsung bergaya didepan lensa kamera mengabadikan momen awal di negeri Teknologi ini (re: Jerman)

Beberapa bulan berlalu, datanglah musim baru. Setelah winter terbitlah spring atau musim semi. Setelah beberapa bulan tak bersua dengan penhangat gratis (re: matahari) hehe, akhirnya nongol juga nih yang dirindu-rindukan sebagian besar bule-bule. Yah mereka gatau aja di indo selalu anget cyiin, coba dulu dah kalo winter ke indo aja mihihihi.. Balik lagi ke spring, ya musim semi pertama. Yang spesial dari musim semi sesuai namanya, pohon-pohon mulai punya daun, bunga-bunga mulai bermekaran. Taman-taman dan lahan kosong yang biasanya putih tertimbun salju, sekarang berubah menjadi warna-warni nan cantik dihiasi macam-macam bunga. Sayangnya musim semi ga bertahan lama, padahal suka banget sama suhu pas musim semi gini, ga terlalu dingin, ada matahari namun ga terlalu panas juga..

Memasuki pertengahan tahun sama artinya dengan memasuki musim panas. Yak summer. Summer tahun lalu, summer pertamaku di negeri ini, suhu nya ga bersahabat sekali guys, sampai-sampai karna terlalu panasnya, pernah tuh tiba-tiba di siang bolong di kala SUMMER turun hujan, yah mending kalo hujan biasa mah ga bakal heboh, ini masalah nya HUJAN ES!!! dan hujan es kala itu menurut ku cukup deras. Awal nya bingung, kok bisa gitu? nah ternyata setelah ngobrol-ngobrol sama temen, dia jelasin, kalo temperatur bumi terlalu panas bisa nyebabin hujan es, makanya kemaren ada hujan es soalnya itu summer nya terlalu panas. Achsooo cuma bisa bilang gitu, hehe mayan nambah pengetahuan..
Oia, summer itu waktunya liburan, dan liburan summer itu ga tanggung-tanggung guys, nyaris 3 bulan. Summer berpamitan dengan ramahnya dan mendatangkan tamu baru, yap Autumn *_*

Autumn, paling suka sama musim ini, soalnya dedaunan dari pohon-pohon di tepi jalan punya warna yang berbeda beda, cantik, khas. Ga cuma itu, sesuai namanya, fall atau musim gugur, dedaunan indah itu rontok menghamburi jalanan, cantik banget deh. Suhu di musim ini juga bersahabat, tapi kadang-kadang juga enggak sih, soalnya banyak angin yang nusuk banget nih. Ketika autumn, angin nya makin ganas, mungkin ini supaya pohon-pohon nya lebih mudah menggugurkan daunnya. Jadi inget pelajaran biologi waktu sd. Angin kan termasuk faktor alam untuk proses penyerbukan (loh, salaah fokus, ga nyambung ini mah -_-) *ignore aja*

Setelah liburan berakhir dan mulai sibuk sama kegiatan biasanya (STUDKOLL), dan mulai menghadapi ujian, ga kerasa ternyata autumn udah mau pamitan, belom sempet foto-foto. Akhirnya suatu ketika aku sama paul (salah satu temen deken ane nih, nama aslinya ulfa sih, cuma dipanggilnya paul sama temen-temen sma dia, yaudahlah ngefollow aja hahha) udah berencana buat ambil pose, eh pas banget, bangun tidur nengok jendela, itu udah putih semua bangunan-bangunannya (dilihat dari lantai 7, gatau kenapa setiap nyewa rumah dari studentenwerk dapetnya dilantai atas mulu). Yaaah gagal deh poto-poto di autumn pertama di Jerman. 
Kata paul, yaudah tahun depan aja rul potonya, yaaah nunggu nya setaun masak -_-""

Nah autumn tahun ini, berasa ga pengen ngelewatin momen cantik itu lagi, mumpung ada sisa waktu liburan, kita maen ke danau deket rumah. langsung dah beraksii. ini dia hasil jepretan-jepretan ala kadarnya..








Kecantikan maple membuatku jatuh cinta pada Autumn. Puji syukur kepada sang maha Pencipta, sang Khaliq yang telah menciptakan semua keindahan di alam semeste ini..

Lahiran Nih :")

Diposting oleh Nurul Hasanah di 23.37
Reaksi: 
0 komentar
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Bismillahirrahmaannirrahiim

"Setinggi apapun ilmu yang dimiliki seseorang, sepintar apapun seseorang, namun bila ia tidak menulis, ia akan hilang ditelan sejarah" (Quote)

Yap, kurang lebihnya begitu lah Quote yang akhir-akhir ini merasuki kalbu bernari-nari riang di otak, dan menunggu respon yang di realisasikan dalan sebiah tindakan -ini agak lebay bahsanya-

Bermula dari Quote itu lah akhirnya gw memutuskan untuk buat blog ini.
Yang ada di otak cuma satu, lewat tulisan aku ingin berbagi pengalaman, sharing dan sebagai salah satu jalan Dakwah.

So, aku pilih judul blog seperti diatas *nunjuk judul blog* karna emang nantinya bakal mungkin banyak nulis soal adventure diri sendiri sih hehehe.

Sebelumnya pernah punya beberapa blog.. Berawal dari jaman SMA, gegara ada tugas di kelas TIK yang ngeharusin punya blog waktu kelas X, tapi dulu masih jamannya katrok bin ndeso bin gaptek haha, jadi bpunya blog ya cuma buat menggugurkan kewajiban tugas aja sih.. Nah kemudian ga lama, buat blog lagi, ngerasa blog itu kurang bermanfaat, karena isinya ga mutu jadilah akhirnya akun ditutup alis ga mau dipake lagi. Nah blog yang kedua itu sebenernya ga di publish sih wkwkwkwk

Daaaan jeng jeng jeeeeng, akhirnya sekarang bulatkan tekat, mari mulai menulis.
TARAAAA lahirlah blog ini :)))

 

Autumn itu Maple Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea