Jumat, 29 November 2013

Obrolan di sela-sela Masak :D

Diposting oleh Nurul Hasanah di 15.52
Assalamualaikum,

Hari ini ada kuliah cuma sampe jam 11, hoaah rasanyaaa gimana banget hehehehe
Pulang kuliah laper, sampe rumah langsung masak. Nah pas lagi masak tiba-tiba tetangga aku keluar kamar dan langsung nyapa. Ternyata dia hari ini kuliah pagi, dan udah beres. Kirain dia mau ke toilet eh ternyanta dia keluar kamar cuma pengen ngobrol sama aku --"
Yah lumayan lah sembari masak ada yang nemenin ngobrol hihihihi :D

Berawal dari obrolan ringan sampe obrolan berthema keagamaan nih. Aku lupa awalnya kita ngobrolin apa, tiba2 kita ngobrol tentang indonesia dan china -negara dia-
oha erstmal harus ngenalin dia dulu nih, sampe kelupaan hehe

Nama: Qinhang Li
Umur: lupa (atau emang ga pernah nanya heheh)
Status: Mahasiswa (of course -_-")

haha udah ah malah kayak cv ntar. Yap si tetangga aku ini lagi ambil kuliah program diploma gitu. Sebenernya dia udah sarjana di china, tapi disini dia ngulang kuliah dari awal lagi soalnya jurusan yang diambil beda sama jurusan s1 nya dia dulu.

Nah lupa asal muasal tadi ngobrolin apa, ujung2 nya ngobrolin soal negara asal. Ahaa inget nih inget, gegara tadi aku bilang tahun depan aku pingin pindah ke asrama yang jarak nya lebih deket ke uni kita bisa jadi ngobrolin masalah agama. Awalnya dia bilang, kalo aku pindah dia berharap dapet tetangga baru yang punya agama juga, karena dia punya agama. BErmula dari sini kita jadi bertukar informasi soal agama kita masing-masing. Dia bilang, dia  budha. Terus akhirnya kita ngobrolin beberapa perkara, masalah apa yang boleh dan yang ga boleh kita lakuin menurut kepercayaan kita masing-masing. Seperti orang non muslim kebanyakan, dia menyimpan pertanyaan besar "mengapa umat muslim ga boleh makan babi". Akhirnya aku menjelaskannya secara rasional, secara medis dan menyertakan beberapa pendapat menurut para ahli (dalam bentuk jurnal) *tsaaah gaya nih gaya hahha*.
Jadi para peneliti barat udah banyak yang melakukan penelitian mengenai babi (note: peneliti ini non muslim). Dan ternyata ditemukan bahwa DNA babi itu sama dengan DNA manusia. Yang artinya kalo daging tersebut masuk ke tubuh kita, maka tubuh kita akan mengenali nya dalam bentuk yang memang ada dalam tubuh kita, bukan benda asing. Jadi tubuh kita akan menyimpan daging tersebut dalam tubuh, dalam kata lain tidak mengeluarkannya sebagai benda asing (dalam bentuk tinja). Nah, semakin lama kita menimbunnya dalam tubuh, itu akan menyebabkan suatu penyakit kelak. Misalnya aja dari cacing babi yang terkandung didalam daging babi. Dengan ekspresi kaget dan agak jijik dia nunjukin kalo dia ga tau soal ini. Yah aku hanya berharap semoga dengan penjelasannku yang singkat dan ga perfek ini dapat membantu dia untuk mulai memahami islam. Awalnya dia pikir, umat muslim ga boleh makan babi karena babi itu hewan istimewa atau semacamnya, makanya ga boleh disantap hahahha..
Yah wajar aja dia punya pandangan demikian, karena emang dia kan orang budha, yang menganggap hewan adalah bentuk reinkarnasi manusia setelah mati -.-"

Setelah kelar ngebahas si babi, dia lanjut nanya soal islam di irak, afghanistan dan yang lainnya. Nah berbekal sedikit pengetahuan dan beberapa informasi aku mencoba menjelaskan apa yang sebenarnya terjadi dengan bangsa muslim di syiria, palestin, mesir dll. Ternyata dari beberapa penjelasanku yang serba terbatas ini memicu dia untuk ngeluarin unek2 dia. dia bilang "aku tuh ga suka sama amerika. Mereka itu terlalu banyak ngelakuin perbuatan buruk. Terlalu keji. Mereka terlalu banyak membunuh orang. Mereka selalu ribet ngurusin urusan orang lain". 

Aku hanya bisa menimpali, kalo aku bukannya nge"judge" amerika dengan semua hal yang telah mereka lakukan. Mereka seperti itu karena mereka tidak beriman, hidup tak memiliki pedoman, pegangan dan landasan. Kan bangsa barat sekarang ini kebanyakan Atheis. Ga cuma amerika, bangsa eropa pun demikian.

Agak sedikit mudah si diskusi masalah yang menyangkut kepercayaan dengan orang yang memiliki kepercayaan dibandingkan dengan yang ga memiliki sama sekali *pengalaman pribadi* heheh

Mereka mudah menerima dan menganggap okay. Kalo ngejelasin perkara agama sama yang "gak beragama" itu wah susah nya. Banyak perdebatan yang timbul, bukan diskusi ujung-ujung nya --"

ah iya ada yang ketinggalan, jadi tadi itu kita sempet ngebahas muslim di china juga. Dan aku sempet cerita ke dia kalo sebenernya islam masuk ke china itu lebih dulu dari pada ke indonesia. Dia ketawa dan bilang kalo dia ga tau soal itu wkwkwk
Nah dulu temen di Studkoll, si Qi dari china juga pernah cerita, kantin di china itu keren, ada kantin kusus untuk umat muslim. Terus aja aku tanya ke dia, dan dia cerita itu bener ada. Makanan dikantin muslim lebih bersih kata dia nambahin haha. Tapi mereka yang non muslim juga boleh makan disitu, tapi harus bawa alat makan sendiri. Betapa cool nya ini kantin pikirku. Wah di Jerman harus dibuat yang semacam itu juga tambahku sambil tersenyum berharap hihihhi

sebenernya banyak sih tadi yang diobrolin tapi udah nyampur aduk dikepala nih pingin ditulis, ujung-ujungnya buyar. Yaudah segini aja deh cerita kali ini..

masakan jadi, dan diskusi kita akhiri hehehe :)

0 komentar:

Posting Komentar

 

Autumn itu Maple Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea