Sabtu, 23 November 2013

Langkah-langkah ke Jerman

Diposting oleh Nurul Hasanah di 14.00
Assalamualaikum, sahabat kali ini aku mau sedikit berbagi pengalaman aku hingga bisa berada di negeri Teknologi ini..

Menjelang Ujian Nasional SMA, seiringan dengan berbagai promosi Universitas dari Mahasiswa-mahasiswa yang berasal dari Metro, datanglah beberapa orang dari sebuah lembaga konsultasi pendidikan ke luar negeri.. Waktu itu kalo ga salah mereka cuma dikasih ijin oleh Waka Humas untuk memasuki beberapa kelas saja. Kebetulan kelas kami XII IPA 3 mendapat kesempatan untuk mendengarkan info ini. Awal nya aku, ines dan wulan yang pas itu kebetulan duduk paling depan di Lab Fisika kalo ga salah, ga ada rasa ketertarikan sama sekali. Nah Iseng-iseng kita nanya-nanya gitu deh gegara ngeliat yang lainnya pada heboh gitu,, hheh
Singkat cerita kita ikutan daftar seminar yang mereka adain sebulan kemudian. Di seminar tersebut kita harus bawa wali murid. So, karena orang tua aku tinggal nya agak Jauh dari Kota Metro, saat itu aku membawa Uwak aku..

Singkat cerita lagi hahah disingkat-singkat mulu nih, akhirnya aku tertarik, cerita ke orang tua, dan Alhamdulillah di ijinin.

Daftar ke Agen tersebut, dan resmi jadi salah satu siswanya.

Seusai UAN, aku mulai Les intensiv di Agen tersebut. Les bahasa yang 1 kelas isinya sekitar 10 orang kurang lebih. Les nya cukup intensiv, dan Alhamdulillah berjalan lancar. Kami seangkatan lulus tepat waktu, mulai dari ujian level A1, A2 sampai B1.
Setelah kelar ujian B1 dan dinyatakan lulus, kami mulai mempersiapkan hal-hal atau barang-barang pribadi yang akan dibawa ke JErman, sementara itu, pihak agen mempersiapkan hal-hal penting, seperti penerjemahan dokumen, persiapan buat paspor, akun bank dan visa. Mereka yang urus semuanya, sampe pendaftaran Studkol pun mereka yang urus. Pokoknya kita terima beres deh..
Nah setelah semuanya siap, BErangkat deh!!!!

Tapi komplain untuk agen tersebut sedikit banyak sudah ada dan beredar dimana-mana. Disini ana ga mau membuka aib orang, namun ana disini hanya ingin menyarankan untuk meneliti dan lakukan cross and check terlebih dahulu juga ingin memutuskan memilih jalur ini (jalur melalui agen).

Nah waktu yang dibutuhin buat les bahasa di indo plus proses dan prosedur hingga berangkat ke jerman butuh waktu kurang lebih aku dulu setengah tahunan. Januari 2012 tiba di Jerman, oia aku lulusan tahun 2011 SMA N 1 Metro - Lampung (biar apa gitu di tulis?)

sesampainya di Jerman Alhamdulillah ga perlu nunggu lama, 2 kali ikut tes seleksi masuk STK langsung nembus. Seleksi pertama waktu itu ikut di STK Uni Marburg atau apalah itu namanya panjang plus susah, dan sekarang udah lupa haha, seleksi pertama ini gagal alias kagak lolos. Gimana mau lolos itu seleksi waktunya pas beberapa saat sampe Jerman meen. Masih Jetleg, kultur shocking, kedinginan (datengnya januari sih tapi winternya masih nyisa, dan itu dinginnya ga ada obat deh). Yaudah deh nothing to lose ngerjain sebisanya aja.

Note: les bahasa kurang lebih 3 bulan, setelah itu nganggur ga ada kegiatan yang berhubungan dengan bahasa jerman sampe berangkat, nah hampir setengah tahunan juga ini, jadi wajar ya wajar anggep aja wajar haha maksa, ya jadi gitu deh ga lulus deh ujian di marburg huhuhu sedih :(

nah sekitar sebulanan kemudian ada tes di Leipzig, disini nih alhamdulillah lolos guys!!!

STK selama 2 Semester (normal, bisa cepet bisa molor, paling cepet 1 semester kalo kalian pinternya ga ada obat). Lulus STK di Sommersemester 2013, nah karena kedokteran itu pendaftarannya kebanyakan uni di Wintersemester alhasil musti nunggu deh 1 semester lagi. Untuk STK bisa dibaca disini http://autumnitumaple.blogspot.de/2013/12/studienkolleg-part-1.html dan satu lagi disini http://autumnitumaple.blogspot.de/2013/12/studienkolleg-part-2.html

Selama nunggu pendaftaran, aku praktikum di Uni klinikum Leipzig, tentang pflegepraktikum bisa dilihat disini http://autumnitumaple.blogspot.de/2013/12/pflegepraktikum.html .

Yah dipikir pikir sih emang agak rugi ya kalo musti nunggu, tapi ambil hikmahnya aja, seenggaknya bisa nabung praktikum, ikut kurs bahasa latin buat persiapan, plus bisa sebulan balik ke indo, oiya plus lagi bisa nabung (kerjaaah!!!) hahah


itu tadi cerita singkat gimana aku bisa ke Jerman, untuk teman-teman yang ingin lebih tau rincinya gimana, dan pingin urus semuanya sendiri, mungkin bisa baca tulisan saya di http://majalah1000guru.net/2013/10/menjemput-mimpi-negeri-teknologi/

ingin bercuap-cuap ria? you can follow me on twitter: @_nurulhasanah
Syukron :)

0 komentar:

Posting Komentar

 

Autumn itu Maple Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea