Minggu, 24 November 2013

1. Semester der Humanmedizin

Diposting oleh Nurul Hasanah di 10.55
Assalamualaikum sahabat,

Sebagai mahasiswa baru yang masih butuh penyesuaian terhadap aktivitas-aktivitas baru, rasa nya cukup melelahkan hehhe.. Oke kali ini ana mau share kegiatan semester pertama di Universitas Leipzig, tapi kusus untuk jurusan ana aja loh ya, kan tiap jurusan jadwal kuliah dan model nya beda-beda.

Nah, untuk jurusan kedokteran di Universität Leipzig ada 3 jenis nih model kuliah nya:
1. Vorlesung
Vorlesung (Vl) itu modelnya, kuliah untuk seluruh mahasiswa 1 angkatan dan 1 jurusan tentunya. Di Vl, Profesor makul akan ngejelasin materi kuliah secara umum. Vl sifatnya bebas, boleh dateng boleh enggak. Vl lamanya 1 atau 2 jam pelajaran.
2. Seminar
Di seminar kita belajarnya bukan sama profesor kita, melainkan sama asisten nya, biasanya asisten-asisten itu adalah mahasiswa Master atau mahasiswa Doktoral. Seminar waktunya lebih singkat dari pada Vl, cuma 45 menit atau 60 menit. Di Seminar kita ngebahas soal yang udah di upload di masing-masing website makul.
3. Praktikum
Yap, sesuai namanya kita mempraktekkan apa yang udah dipelajari di Vl.

Untuk model ujiannya, disini sangat jauh berbeda dengan di Indonesia. Di sini ga ada sistem UTS atau UAS (ujian akhir semester). Ujian disini sangat tergantung sama makul dan profesornya.

Nah sekarang ana mau coba jabarin satu-satu nih dari setiap makul di semester 1 ini.

-Anatomi-
Makul ini punya banyak profesor, jadi setiap bidang/materi kuliah punya profesor nya masing-masing. Jadi kalo udah beres dengan satu materi, berarti materi selanjutnya bukan dibawakan oleh profesor yang tadi, namun profesor yang lain, sesuai dengan keahliannya. Anatomi sendiri selain ada VL Anatomi, ada yang namanya Histologi Kurs. Nah di Histo-Kurs ini kita macem praktikum gitu, mikroskopin semua yang udah kita pelajari di VL. Di Histo-Kurs juga ada dosen pembimbingnya, tapi bukan profesor yang di VL loh ya, ini udah beda lagi.. Terus ada Seminar Anatomi, untuk seminar anatomi ini ana belom tau pastinya nanti bakal gimana bentuknya, soalnya untuk kursgruppe ana belom ada jadwal seminar..
Untuk Ujiannya ada 2, ujian histologi dan ujian anatomi.
Ujian Histologi sebanyak 2 kali, masing-masing ujian ada 15 pertanyaan. Pertanyaan nya itu mengidentifikasi gambar.
Ujian anatomi hanya ada 1 kali, yaitu ujian akhir anatomi, jadwalnya di akhir semester. Nah ujian anatomi ini oral bukan tulis.

-Biologi-
Biologie juga sama ada VL, Seminar dan Praktikum. Nah untuk Seminar dan praktikumnya ini dajadiin satu dalam satu hari, dan lamanya dari jam 13.15 - 18.30. Waah lama banget ya, pasti pada penasaran tuh kita ngapain aja disana lama banget. Tenang-tenang, di hari tersebut kita 1 jam pelajaran seminar, 10 - 15 menit ujian (Antestat) dan sisanya praktikum. What udah test aja? Iya, untuk biologie memang peraturannya dibuat gitu sama si Profesor Poeggel. Jadi di Semester satu ini kita ada 6 kali pertemuan praktikum, dan 5 dari pertemuan itu ada Antestat nya. Setiap Antestat kita dikasih 10 Pertanyaan dengan waktu yang amat singkat. Dari jumlah keseluruhan Antestat itu, kita harus mengumpulkan 30 Point. Nah di ujung Semester nanti ada ujian penutup nya, namanya Abschlussklausur. Di Klausur itu nanti ada 50 soal dan harus ngumpulin minimal 30 pont. Nah kalo point kita sudah memenuhi kriteria baru deh kita dinyatakan lulus!!!!

-Kimia-
Sama seperti Anatomi dan Biologi, Kimia ada VL, seminar dan praktikum. Tapi disemester 1 ini kita belum ada praktikum. Praktikum kimia nanti disemester 2. Nah di Seminar yang waktunya cuma 45 menit, kita ngebahas soal yang udah di upload di internet. Tapi peraturannya, masing-masing dari mahasiswa harus minimal mengerjakan dan menjelaskan 2 soal di papan tulis tanpa membawa catatan. Kalo syarat ini sudah terpenuhi baru deh kita dapet tiket untuk ikut Ujian akhir kimia. Ujian akhir nya itu ga di akhir semester 1 tapi di awal semester 2 nanti.. Jadi liburan dulu baru ujian yak --"

-Fisika-
Nah kalo fisika seminar nya tidak menyeramkan seperti kimia dan biologi hahaha.. Di seminar kita ngebahas soal juga sama dosen, tapi ga perlu ngejelasin tanpa catatan ke depan :D
Fisika punya 2 ujian.. Ujian pertamanya udah deket nih, jatuh pada 14.12.2013 :/
Ujian keduanya sama kayak kimia, setelah liburan hiks hiks keburu lupa nih materi :"(
Untu praktikum fisika juga akan ada di semester 2, jadi semester satu belom ada yaaakk..

-Terminologi-
Buat yang belom tau apa itu terminologi, terminologi itu bahasa latin di bidang kedokteran. Ada Vl dan Praktikum. Nah di praktikum kita latihan gitu. ujiannya alhamdulillah cuma sekali di akhir semester 1 nanti..


ini dia jadwan ana, cuma yang bertanda stabilo aja loh hehe (tetep aja padet --")




Nah itu tadi sedikit yang bisa ana sharing kali ini,,,
semoga bermanfaat.. Ana minta doanya juga nih supaya lancar di semester ini dan seterusnya aamiin

Syukron guys :)
Sampai jumpa di tulisan berikutnya ;)
Salam ukhuwah

follow me on twitter: @_nurulhasanah

0 komentar:

Posting Komentar

 

Autumn itu Maple Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea