Jumat, 14 Februari 2014

Sympathikus si pembuat heboh seantero Jerman :D

Diposting oleh Nurul Hasanah di 22.01
Assalamualaikum ^^

udah nyaris seminggu nganggur karena udah ga ada jadwal kuliah lagi di semester ini tapi angan-angan untuk menuangkan dan mengapresiasikan *apasih* unek-unek belom kesampean juga. Alhamdulillah akhirnya tiba saatnya buat nulis lagi yeay, mari menuliiis :")

Tuliasan kali ini agak serius hehe, diangkat dari kisah beberapa waktu lalu, detik-detik menjelang ujian akhir semester lisan Anatomi.

Beberapa hari menjelang hari H uas anatomi saya mulai mempersiapkan diri, bikin planing sehari belajar (re: ngapalin) materi satu seminar. Karena di semester 1 kemaren ada 9 seminar otomatis dalam waktu maksimal harus 9 hari kelar tuh.

Seminar pertama dan kedua masih tentang Bewegungsapparat, pokoknya yang berhubungan dengan tulang dan kawan-kawan seperguruannya itu dah hehehe (afwan saya bingung transletin ke bahasa indo nya yang bener, maklum nilai bahasa indo pas UAN SMA paling jelek, lalu hubungannya? *abaikan*)

Materi Seminar ke-3 adalah mengenai Gelenk atau Sendi. Yap materi seminar pertama sampai ke tiga alhamdulillah lancar dan ga begitu ribet untuk dikuasai #tsaaaah *agak gaya gpp yak mohon dimaap keun*

Nah materi seminar ke-4 adalah jeng jeng jeng durum dum duuummm,,,, SYARAF. kenapa jadi horor gini yak? --"

Jadi gini ceritanya, sebelum saya belajar sampe ke Syaraf, temen saya si Mailinh abis curhat gitu di kampus;

Mailinh: "aku kemaren nangis 3 kali gegara belajar syaraf, aku ga ngerti-ngerti abisnya. Apaan dah itu simpatikus, parasimpatikus. hiiiks"
Nurul: "haha itu kan kita udah pernah belajar mailinh di Studkoll, eits tapi aku belum belajar sampe situ sih buat persiapan ujian"
Mailinh: "ntar kamu liat sendiri aja deh"

Beberapa hari kemudian sampailah dipelabuhan "Persyarafan" haha. Mulai belajar dari yang paling gampang, pelan-pelan, eh sampe deh dipenghujung persyarafan yang ngebuat si jago mailinh nangis sampe berkali-kali. Yap, nyampe di bagian simpatikus, saraf tulang belakang (spinalnerv) dan parasimpatikus. Gegara ngeliat gambar nya dan inget kata-kata si mailinh jadi males mau nyentuh si simpatikus sama saraf tulang belakang, akhirnya beranjak langsung ke halaman terakhir bagian persyarafan, parasimpatikus. Karena gambarnya menarik dan ga begitu banyak nama-nama latin yang ngebikin pupil kanan dan kiri saling bertemu *apasih* alhasil saya langsung belajar disitu dan mengacuhkan 2 materi agak paling penting sebelumnya.

Ketika beres semuanya barulah berani nengok si simpatikus dan spinalnerv daaaaaan tardam dam daaaam, saya ketularan virusnya si mailinh, pingin nangiiisssss. Sebenernya simpel tapi kok susah? Akhirnya nyoba nelpon kak Tami, mahasiswi kedokteran juga tapi di Uni Magdeburg Semester 3, eh ga diangkat. Terus nelpon kak noni, anak kedokteran semester 3 TU Dresden, diangkat!!!! Doi kebetulan lagi di Mensa (kantin), ngobrol-ngobrol doi bilang mau ke bibli (perpus) kemungkinan balik dari bibli baru bisa ngajarin via skype, dan setelah dipikir-pikir itu bakalan malem abis. Al hasil kita bikin termin (janji) buat pagi keesokan harinya, sebelum shubuh gitu. Sebelum nutup telpon kak noni ngasih beberapa referensi buku, alhamdulillah kebetulan buku-buku refrensi dari dia,  ada tuh nangkirng menghiasi rak buku kamar hehhe. Nah capek mikir minta ajarin siapa akhirnya mutusin ambil wudhu, pas banget udah masuk waktu shalat, terus shalat dan tilawah beberapa lembar. Setelah ritual itu semuanya beres, diawali dengan Bismillah mulai baca-baca lagi, buku pertama yang dibaca kalo ga salah Anatomie dari Moll, selesai baca, hasilnya, tetep ga ngerti. Ganti buku kedua, dari Thieme, baru baca beberapa kalimat udah ambil kesimpulan kalo isinya sama aja kayak Moll. Daaan buku terakhir tertebal yang pernah saya pinjem dari bibli, namanya Anatomie dari Duale Reihe, bah buku ini emang mantap surantap daaah. Tebelnya aja bener-bener tuh ga kira-kira ribuan halaman lebiiiih, kalo dikiloin kayaknya dapet untung gede tuh *lah salah fokus*.  Mulai baca dari ini buku dari kalimat awal sampe akhir langsung jelas keliiir se kelir kelirnya, padahal ditulisnya singkat banget, penjelasannya ga bertele-tele. Langsung deh chat meluncur ke kak noni batalin termin, alias udah mudeng hehhe Alhamdulillah.

Keesokan harinya ada something ngeselin yang datangnya ga jauh-jauh nih, dari diri sendiri. Ga tau kenapa beberapa hari jadi kendor belajarnya, terus al hasil numpuk tuh materi yang harus diganyang. Kan tadi janji nya satu seminar satu hari, ya gegara kecapean belajar yang lain dan anatomie belom kesentuh dan lebih milih kasur yaudah konsekuensi ditanggung sedniri deh. Besoknya harus belajar dobel materi. Dan ternyata ga kelar, akhirnya ketumpuk-tumpuk huuu ini nih penyakit emang yak -.-

Singkat cerita Alhamdulillah bisa ngelarin semua materi sebelum hari H, dan masih ada waktu buat belajar ulang semua materi tadi. Nah ini nih kejadian buruk lagi, ketika udah kelar belajar semua nya eh yang di depan-depan lupa deh, yah harus ngulang dari awal lagi deh, ngapalin lagi deh...

Dari sini jadi inget kata-kata si Profesor Fitzl beberapa seminar terakhir, kalo kita itu jangan belajar monotom, ngapalin semuanya menjelang ujian, itu bakalan bertahan ga lama, ntaran juga ilang lagi. Tapi belajarlah secara continue, diulang-ulang, bukan dadakan, sistem kebut seminggu --"

Indo banget ga sih, belajar sistem kebutan gitu, haha mulai sadar teknik belajar begini ga akan ngehasilin apa-apa kecuali ingatan yang hanya sesaat aja.

Mulai keteteran, tapi ga konsen buat belajar. Kala itu sekitar jam 20 atau 21, mencoba memejamkan mata tapi ga bisa larut dalam tidur, karena masih ada tanggungan tuh materi masih banyak pake banget buat diulang. akhirnya bangun ambil script belajar pake lampu tidur diatas kasur karena males nyalain lampu utama. Setelah puas dengan apa yang setidaknya terekam otak barulah bisa tidur dengan agak tenang ga was-was hehehe. Tetep aja alarm musti nyalain, selain buat ritual sepertiga malam juga ritual lanjutin si teman tidur, Anatomy's script tercinta :")


Eits belum sampe disini cerita si simpatikus nya.. Yang menariknya lagi, pas ujian dapet bagian disuruh ngejelasin soal simpatikus ini, gimana jalannya saraf ini sampe ke organ. Huhuuu senengnya Masyaallah, ga nyangka banget, cuma berapa menit waktu yang saya habiskan untuk ngebuat sketsa dan ngejelasin tugas si simpatikus ke Profesor Fitzl :D

Masyaallah, emang obat paling manjur itu ga jauh-jauh dari Ibadah utama, Shoalat plus Tilawah. Langsung dah tuh kebuka jalannya, lancar total udah kayak jalan toll deh :"D

So buat temen-temen yang galau, pusing capek belajar ga ngerti-ngerti atau kegalauan-kegalauan lainnya bisa deh dicoba tuh trik nya, coba ambil wudhu terus shalat deh. Jadi inget kisah Ibnu Sina ketika kepentok masalah saat hendak meneliti sesuatu, apa yang beliau lakukan? beliau mengambil air wudhu dan segera ke masjid, shalat disana dan menunggu sampai hidayah menyelesaikan masalahnya kemudian baru ia kembali kepekerjaannya, Masyaallah... Ijinkanlah hamba meneladani orang-orang hebat seperti beliau ya Robb :")

oiya sedikit deh mau sharing tentang si misterius simpatikus yang ngebuat heboh seantero Leipzig heheh:

Verlauf der sympathischen Fasern:
Sympathische Fasern laufen über die Rami communicantes zwischen Spinnalnerv und Grenzstrang: Im R. communicans albus verlaufen präganglionäre sympathische Fasern, im R. communicans griseus postganglionaäre Fasern (nach Umschaltung im paravertebralen Grenzstrangganglion). Weitere Umschaltstellen sind prävertebrale Ganglien. Eine Besonderheit des Nebennierenmarks ist die direkte des Erfolgsorgan durch präganglionäre Fasern.
Quele: Anatomie Duale Reihe S191

tuh kan liat gambarnya aja bikin puyeng kan yah
jadi saya ga salah kan yah kalo ikutan puyeng sebelumnya, hihii,
mencari pembenaran ats ketidakpahaman hadoooh*tepok jidat*

0 komentar:

Posting Komentar

 

Autumn itu Maple Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea