Kamis, 20 Februari 2014

Ketika kegagalan itu tiba

Diposting oleh Nurul Hasanah di 09.15
Assalamualaikum...

Perfeksionis, apa pendapat kalian ketika mendengar kata tersebut?
Berlebihan? lebay? ga sewajarnya?

Untuk saya pribadi, saya memiliki 2 sudut pandang yang berbeda mengenai kata "Perfeksionis" ini.
Pertama, biasanya saya mengartikan kata tersebut dengan sebuah semangat, dedikasi tinggi, ingin melakukan segala sesuatunya dengan sangat maksimal. Punya targetan-targetan tinggi.
Kedua, menyakitkan. Kenapa? karena dikala targetan-targetan itu tadi tidak tercapai maka seorang perfeksionis biasanya sekalinya jatuh, bisa down banget.

Naja, semua hal itu memang selalu ada 2 sisi, sisi baik dan sisi buruk. Namun bukan berarti kita tidak bisa memaksimalkan sisi baik dan mengurangi seminimal mungkin akibat buruk tersebut. Sedikit bercerita mengenai pengalaman beberapa saat yang lalu, tidak bisa dipungkiri ternyata sifat perfeksionis tersebut ada dalam diri. Meski hati ingin memungkiri namun kecenderungan terhadap sifat tersebut ternyata tetap saja ada. Tak tau dari mana dan sejak kapan sifat itu hinggap dalam diri ini. Aku hanya seorang hamba yang tengah dalam proses mendewasakan diri. Namun ego kekanak-kanakanku masih ada dan terkadang mengalahkan pikiran dan sikap rasional, hadeeeh *tepok jidat*

Duh ga bisa deh ini kayaknya mau nulis dengan aksen serius, yaudah deh bahasa santai aja yaak mihiih --v

Jadi beberapa waktu yang lalu si nurul itu lagi dilanda galau total stadium maksimal tingakat akut *nah loh apaan dah itu* --"
Selama berbulan-bulan ngegalauin kuliah. What? Kuliah? apanya lagi yang digalauin? kan udah dapet jurusan di kampus yang nurul idam-idamkan?
Nah itu dia, ga tau deh gimana ceritanya kok rasanya beberapa bulan yang lalu ada pikiran gini "coba aja aku kuliah di indo, aku bisa ini bisa itu". Terus lama-kelamaan dipicu dari pemikiran ini mulai deh ngaruh kepemikiran-pemikiran yang lainnya. Yang tadinya sok banget dah tuh ya sama yang namanya belajar, sama yang namanya bahasa Jerman. Bilangnya aja, bahasa bukan kendali, bahan kuliah pun bisa dipelajari, eh kok makin kesini jadi loyo. Timbul lagi godaan baru "ah, coba aja kuliahnya pake bahasa indo, kan lebih mudah dipahami, pasti ga sesulit ini"

Dari sini tingkat kegalauan menuju stadium lanjut. Terus bermunculan tuh dah pemikiran-pemikiran yang lain pemicu kegalauan, mulai mikir dari masalah bahasa, bahan kuliah sampe masalah materi (re:biaya). Gimana kalo nanti kesusahan belajarnya gegara bahasa? Kuliahnya kan masih awal banget, gimana biaya hidup dimari sampe kelar nanti? dan gimana-gimana lainnya mulai deh muncul. Dan pada akhirnya melayangkan diri ke situs-situs universitas-universitas di indo yang punya fakultas kedokteran, lalu cari kontak nya, nemu!!! Kirim email! Gatau deh berapa banyak email yang udah melayang ke beberapa PTN di Indo, yang isinya intinya nanyain bisa nerima pindahan ga? karena kan aku lulusan 2011, nah kalo tahun ini mau ikut SNMPTN atau sejenisnya pasti ga bisa lagi tuh. Dan kalo mau masuk PTS juga ga ridho banget. Dipikir-dipikir lagi dan pada puncaknya mulai deh curhat ke Ines. Apa coba tanggepan ines? kaget, ya jelas sudah pasti. Terus akhirnya kita videocall via skype, dia nyuruh aku istikharah dulu, nah pas itu aku lagi ga shalat. Terus dia bilang, yaudah kalo udah suci langsung shalat dulu deh. Singkat ceritanya, abis shalat kayak makin ragu gitu dengan keinginan mau pulang abis itu. Belom berani cerita ke umi, takut dimarahin hiihhii ^^

Udah agak adem sedikit tuh, tenang untuk beberapa saat. Eh beberapa saat kemudian muncul lagi deh pemikiran-pemikiran nyebelin tadi itu. Jadi, saat itu setelah pulang seminar biotek, si aisya curhat soal kesulitan kuliah nya gitu, padahal dia kan dari Austria yang bahasanya disono juga bahasa jerman, so menurut aku kayaknya ga terlalu ribet lah yak. Terus jarak Jerman dan Austria itu gajauh, so tiap liburan kan dia bisa pulang. Eh ternyata dia bisa galau kayak aku juga. Nah akhirnya aku juga ikutan cerita tuh ke dia kalo sebenernya aku galau juga tu mikirin mau pindah kuliah apa ga. Sebelumnya sih si Mailinh sama Olivia curhat gitu. Kalo masalahnya Olivia karena dia emang dari kecil ga pernah jauh dari keluarganya, FYI part 1: rumah dia itu cuma 40 menit dari leipzig dan tiap weekend doi balik loh dan satu lagi doi bilang doi gatau apa doi masih tertarik buat ngelanjutin kedokteran, dalam arti doi mau pindah jurusan juga, ga cuma pindah kampus, gubraaaak -.-". Kalo mailinh problemnya dia bilang pingin pindah jurusan gegara terlalu banyak bahan kuliah kedokteran itu. FYI part 2: Mailinh ini jago abis, gatau deh makannya apa tuh otak belajar ga belajar tetep aja maknyus. Yah emang sih kalo mau dibandingin dih emang bahan kuliah kita itu buanyak to the max, tapi kan emang udah harus gitu, masalahnya nyawa orang loh yang jadi taruhannya ntar o_O
Dipicu lagi deh dari cerita-cerita begini muncul lagi tuh kegalauan buat balik ke indo, akhirnya karena malu mau curhat lagi ke ines, takut doi bosen hehehe, akhirnya mau nyari alternativ lain. Mbak Zarin! haha yap, ibu psykolog yang lagi lanjut kuliah S3 ini jadi alternativ lain, mayan biasanya saran-sarannya relativ sangat bijak dan lebih ke mengajak buat berpikir lebih baik gitu.

Pada akhirnya ya semua kembali lagi pada diri sendiri, merenung lagi, dipikir-pikir ulang lagi, sambil terus berdoa minta dimantapkan hati. Etapi sembari galau, belajar harus tetep jalan loh, bukan mentang-mentang galau laju kuliah terbengkelai, NOOOO!!!

Akhirnya dapet deh keputusan buat lanjut disini aja.

Menjelang UAS jeng jeng jeeeen....
Setelah UAS biologi dan nunggu-nunggu hasilnya akhirnya keluar juga. Excited banget, daaaan apa hasilnyaaa???? Kurang 8 Point untuk LULUS T___T
Sedih? rasanya kok ga begitu ya pas dapet hasilnya. Eh taunya beberapa hari kemudian galau nya malah mencapai tingkat akut. Akhirnya pas umi bbm nanyain hasil ujian dengan selow aku bales "nggak lulus" gubrak nuruuul *tepok jidat*
Padahal seumur-umur ga pernah loh laporan kalo ga lulus dalam sebuah mata pelajaran gitu T_T
Gatau deh kenapa waktu itu kok tetiba ringan banget ngetik pesan kayak gitu, Astagfirullah..
Ketika itu perasaan sadar kalo hal itu bakalan ngebuat sedih umi ga tau kabur kemana. Malah mulai perlahan-lahan berani bilang pingin pindah aja takut ga kuat kuliah disini -.-"

Terus respon umi apaan?
Umi kan orangnya tegas dan cekatan banget plus selalu mengerti kondisi anaknya. Dengan bijaknya umi nanggepin pernyataan aku. Keesokan harinya tau-tau udah dapet info aja tuh si umi dari beberapa PTN. Giliran dapet chat yang isinya soal info PTN tadi gantian akunya yang takut, loh -.-"
Langsung dah ga maen chat lagi, tapi langsung telpon, #tsaaah begaya kan nelpon dari Jerman ke Indo -_-
Yang intinya aku minta umi buat sabar dulu jangan terlalu terburu-buru buat mindahin aku, *lah gimane sih rul* --"

Pokoknya selama masa-masa penggalauan stadium akut itu tadi ga berenti deh istikharah buat dimantepin kalo emang keputusan ke indo itu emang yang terbaik dan juga sembari nanya-nanya ke temen soal PTN dan PTS di indo, yang alhasil tadinya cuma pingin cari info jadi curcol berkepanjangan. Akhirnya banyak yang tau soal rencana ini.

Karena ga dapet kontak Unpad akhirnya nanya ke meila, dan akhirnya doi tau kalo aku punya rencana mau pindah. Tanya-tanya juga ke annisa desy, buat univ di purwokerto. Jadi makin banyak aja kan yang tau, hadehhh..

Terus satu persatu temen deket disini juga mulai tau, si paul (ulfa), mbak zarin, mutti (kak vio), mbak witri, yang akhirnya aku disidang tuh sama mereka -.-"""

Terakhir mulai memberanikan diri lagi nanya soal Univ di daerah Semarang ke si Ines, maap yak nes aku tau kok kamu pasti bosen dapet chat soal panggalauan beginian mulu --"

Tapi mungkin Allah punya rencana lain, makin hari yang ada makin ragu. Pada akhir nya setelah UAS histologi aku bikin semacem list gitu dan ngebandingin baik buruknya. Alhasil dengan Bismillah chat melayang ke umi, palu diketok, keputusan ditanda tangani *ini apaan dah*
haha intinya akhirnya keputusanku untuk lanjut apapun yang terjadi berjuang dulu sampe titik darah penghabisan dah. Masak nyerah sebelum perang sih rul -_-"
Baru juga gagal di ujian bio, kegagalan-kegagalan berikutnya masih menanti rul.

sampe semua orang pada ngechat yang intinya aku disuruh mikir-mikir ulang gitu. nah setelah keputusan dibuat umi cerita kalo si ani dan nisa sempet kecewa banget denger kalo aku mau nyerah gitu aja. Ga cuma mereka, tapi banyak banget yang udah kecewa dengan pikiran kerdil ku tadi hiksss,, afwan ya :")


Habiskan kegagalan-kegagalan tersebut karena kesuskesan besar menantimu. Kita ga akan pernah tau dimana garis finish itu. Yang bisa kita lakukan adalah ikhtiar semaksimal mungkin dibarengi dengan do'a. Umi selalu bilang "do'a adalah senjatamu".

Back to si perfeksionis tadi, jadi hubungannya apa coba curcolan panjang kali lebar kali tinggi ini tadi sama si perfeksionis? Hehehe yap, jadi hubungannya tuh sebenernya gegara gagal ujian bio tadi jadi ngerasa kerdil dan tenggelam untuk selamanya.

Tapi sekarang udah ga dong, keep Hamaas !!! Insya Allah..
Belajar, berlatih, berdo'a!!!
Mohon do'anya selalu ^^

"Keberhasilan adalah kemampuan untuk melewati dan mengatasi dari satu kegagalan ke kegagalan berikutnya tanpa kehilangan semangat." (Winston Chuchill)

0 komentar:

Posting Komentar

 

Autumn itu Maple Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea