Sabtu, 07 Desember 2013

Pertolongan itu datang

Diposting oleh Nurul Hasanah di 09.59
Bismillah,...

Assalamualaikum sahabat,disini aku mau cerita tentang pengalaman aku daftar ke Universitas di Jerman sampai pada akhirnya keterima juga di salah satu perguruan tinggi tersebut.

Leipzig, yap tempat aku menamatkan Studienkolleg ku. Banyak cerita yang terukir di kota tersebut, mulai dari seneng, sedih, haru. Dan disinilah aku menemukan teman2 baik, sahabat maupun keluarga baru. Beberapa bulan tinggal di kota ini udah ngebuat betah banget, gimana enggak coba, biaya hidup disini jauh lebih murah dibandingin ama kota-kota lain. Selain itu, nilai plus nya adalah Leipzig itu kota yang menurut aku lumayan gede, dan lengkap (di mata aku definisi kota yang lengkap itu kalo punya toko halal dan toko asia nya hahaha)..
Nah beberapa bulan setelah lulus Studkoll ternyata aku dapet nih kerjaan sampingan, yang kerjanya cuma hari minggu dan gajinya gede meeeen.. Udah makin mantep aja tuh pingin tinggal di Leipzig aja, pengen kuliah disini aja.

So itu tadi sekilas tentang Leipzig dan kenapa aku demen banget sama kota ini.

Balik lagi ke topik awal, jadi setelah lulus Studkoll ada waktu 1 semester, karena itungannya aku nunggu semester depan soalnya aku lulus STK di Sommersemester, sedangkan Universitas yang ada kedokterannya itu bukanya kebanyakan di Wintersemester, dan juga Ijazah STK nya telat nih dapetnya, gegara ujiannya juga emang telat dari pada STK yang lainnya hahaha lol. Waktu itu tuh aku manfaatin buat Pflegepraktikum dan cari-cari info soal Univ di Jerman. Info udah terkumpul mulai persiapin semua dokumen dan persyaratan. Sekarang tiba saatnya pendaftaran dimulai jeng jeng jeng haha..

Jadi ceritanya aku daftar ke banyak Univ, kalo ga salah sekitar 20 an Univ deh aku daftarin, haha lebay. Iya emang, soalnya nilai FSP aku kemaren kan ga begitu memuaskan, jadi buat cadangan dan jaga2 akhirnya daftarin aja banyak2 siapa tau kan nyantol 1. Nah, disini sistemnya 1 univ bisa milih 2 jurusan. Dari semua formulir pendaftaran aku cuma ngisi jurusan pertama aja, yaitu Kedokteran. Keputusan ini udah ditimbang timbang dan hasil dari diskusi sama ortu sih. Awalnya agak ragu, agak ga pede sama nilai rata-rata yang didapet dari Stk, cuma yaudah Bismillah aja deh. Umi aku nih yang selalu mantepin, kalo ga udah ga ngerti lagi dah haha..

Pas udah waktunya pengumuman, mulai deg deg an nih, satu per satu surat dari Univ yang udah di daftarin dateng nyamperin kotak pos, email pun juga masuk. Nah saat saat genting gini aku balik ke Indo, berharap dapet kabar gembira pas lagi di Indo, kan bisa langsung peluk emak babe tuh, mikir nya sih gitu, eh gataunya selama sebulan di indo, dan selama itu pun banyaaaak banget surat yang dateng, nyaris semua univ yang aku daftarin udah ngedarin surat pengumuman, dan kalian tau isinya apa??? Isinya penolakan semua, uuu sedih L
Sampe hari terakhir di Indo, sesaat sebelum boarding, di Bandara, lagi mellow mellow nya mau pisah sama ortu lagi, eh aku kelepasan ngomong, kurang lebihnya aku ngomong gini sama umi: “mi kalo ga dapet univ gimana”, dan umi pun menjawab: “dapet-dapet, nanti kalo udah sampe Leipzig dapet univ dapet, tenang aja”.

Tiba nya kembali di Jerman, harapan makin pupus gegara ada beberapa univ yang belom kasih surat edaran, akhirnya nanya ke temen2 yang daftar disitu dan kebanyakan dari mereka udah dapet surat penerimaan. Makin berpikir kalo ga dapet surat berarti ditolak aaaakkkk makin galau.

Sampe pada akhirnya ketemuan sama temen2 STK, dan beberapa diantara mereka udah dapet Zulassung (semacam surat penerimaan) dari Uni Leipzig. Dan kebanyakan ga diambil, karena mereka udah ambil yang dari uni lain. Terus mereka pada nyaranin kalo aku musti nanya ke bagian Akademisches Auslandsamt (yang menangani bagian mahasiswa asing). Selang beberapa hari pergi deh ke Akademisches Auslandsamt, hasil dari situ ternyata nama aku ada di urutan 68, dan mereka cuma ambil 15 mahasiswa asing aja. Makin sedih makin galau etapi ga makin pupus harapan doong. Jadi kurang lebihnya percakapan aku sama si Frau Schwarz (yang menangani bagian Akademisches Auslandsamt) begini:

Nurul: “selamat siang”
Frau Schwarz: “selamat siang, ada yang bisa saya bantu”
Nurul: “iya, saya sudah mendaftar untuk Universitas Leipzig, tapi sampai sekarang saya belum mendapatkan kabar, apakah saya diterima atau ditolak”
Frau Schwarz:”Anda mendaftar untuk jurusan apa ya?”
Nurul:”kedokteran”
Frau Schwarz:”maaf anda diurutan ke 68, dan kami hanya punya 15 Quota untuk mahasiswa asing, kalaupun mereka ga ngambil tempat mereka sepertinya masih agak susah deh”
Nurul:”oh begitu ya, kalo bole saya tau, diatas saya ada ga orang Indonesia yang mendaftar”
Frau Schwarz:”ada, dan dia dapet Zulassung nih”
Nurul:”oh iya saya kenal dia, dan dia bilang ke saya kalo dia ambil di kota lain, jadi dia ga bakal ambil tempat dia di sini”
Frau Schwarz:”ya, tapi kita ga bisa langsung ambil kamu sebagai pengganti, karena prinsipnya yang pertama kita liat nilai dan yang kedua kita liat asal Negara. Nilai kamu relative bagus kok dan pendaftar dari indo yang nilainya lebih baik ga ada, itu bisa jagi kelebihan untuk kamu, tapi saya ga bisa ngasih garansi.”
Nurul:”achso, alles klar, makasih frau”


Nah dijawab begitu aja aku udah seneng banget, berasa ada pencerahan gitu hahah. Dia bilang suruh nunggu sampe waktu pengambilan tempat abis, setelah itu bakal diadain penyaringan lagi. Seminggu atau sepuluh harian deh nungguin itu, abis itu aku dateng lagi deh ke doi.

Frau Schwarz:”aduh sayang sekali anda belom dapet tempat juga, anda diurutan ke 28 sekarang, sedangkan kemaren ada 10 orang yang ga ngambil tempat mereka, jadi kita ngebagiin ke 10 orang berikutnya, yang artinya berenti di urutan ke 25. Jadi anda sekarang di waitinglist no. 3”

 Dengan kagetnya aku langsung nanya balik:

“saya di urutan ke 28? Saya waitinglist no. 3?”

Frau Schwarz:”yap, tepat sekali.”

Tanpa basa basi saking girangnya langsung pingin cepet cepet pamitan dan keluar ruangan, langsung kasih kabar ortu hahaha
Padahal baru juga nauk ke waitinglist no. 3 udah girang abis.

Selang beberapa hari eh dapet Email, gataunya Email ini bener bener yang ditunggu, dan akhirnya isinya bukan penolakan lagi tapi penerimaan.. Alhamdulillah akhirnya diterima jugaaa. Seneng bukan main, langsung kabarin orang tua dan orang-orang terdekat.


Setelah dipikir-pikir bingung juga kenapa yang tadinya urutan no 68 bisa naik drastic ke urutan no 28. Aku pikir mungkin setiap nilai mereka ambil 1 orang, soalnya yang punya nilai sama itu ada banyak banget, dan kan katanya diliat dari Negara asal juga. Nah mungkin yang nilainya sama kayak aku dia bukan Stk Leipzig, soalnya itu juga kelebihannya sih kalo daftar di tempat dimana kita dulunya STK disitu, bakal dijadiin bahan pertimbangan juga sih kayaknya.

Yah whatever apalah, yang pasti dan yang jelas, yang aku yakini itulah pertolongan dari Allah sang maha kuasa, kalo ga atas kehendak-Nya mana mungkin bisa semuanya jadi begini kan, heheheh. Itulah jawaban dari do’a-do’a kami…

Jadi inget ada temen yang bilang gini, “yaudah rul ga usah disesali, siapa tau nilai lo bakal menjadi kebaikan buat lo dikedepannya ntar”.

Nah berlandaskan kata2 dia ini jadi mikir, iya juga ya, kalo waktu itu aku dapet nilai lebih bagus mungkin aja aku ga dapet di Uni Leipzig kan, Uni yang selama ini aku idam-idamkan. Bisa jadi aku udah keburu dapet di kota lain.

Yah namanya juga takdir ga bisa ditebak. Sekarang tinggal fighting di bangku kuliah nih, doakan istiqomah belajarnya ya teman-teman  J

           


1 komentar:

Kamalia mengatakan...

Assalamu'alaikum, Ukhti. Salam kenal! Saya Dina.
Wah, Ukhti mahir banget berarti dalam berbahasa German. Sebenarnya saya mencari korektor percakapan bahasa German dalam film 99 Cahaya di Langit Eropa part I, Ukh. Pasalnya saya sudah mencari script filmnya ndak nemu ditambah lagi saya awam banget dengan bahasa German. Apakah Ukhti berkenan?
Terima kasih.
Wassalamu'alaikum, Ukh.

Posting Komentar

 

Autumn itu Maple Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea