Sabtu, 07 Desember 2013

STUDIENKOLLEG Part 2

Diposting oleh Nurul Hasanah di 09.36
Assalamualakum,..

Bicara soal STK dan sisi lain dari kehidupan terjal mahasiswi Jerman...
Yap memang pilihan ku untuk kuliah di sini, bukan mau orang lain bukan mau orang tua ku, ya ini mau ku, pilihan ku dan keputusanku . Terkadang ada rasa sedih kenapa memutuskan pergi sejauh ini, namun harus tetap istiqomah, aku yakin insyaallah ini yang terbaik, Allah menyediakan rencana yang lebih dahsyat untukku. Harus tetap bersyukur atas segala nya, diluar sana pasti banyak yang menginginkan berada di posisiku, meski mereka tak tau bagaimana rasanya, senang sedih, suka, duka, manis, pahit kehidupan dimulai dari sini.

Dokter. Ya, sebuah cita-cita dari kecil dan terus menguat seiring berjalannya waktu yang mendewasakan ku.
Sebagai seorang warga negara asing, kita ga bisa seenaknya keluar masuk tempat sekolah. Ada beberpa syarat dan ketentuan. Ah panjang kalo mau dibahas satu persatu, bahas tentang aku aja yah :D

Sebelum kuliah aku harus lulus sebuah ujian yang namanya Festellungsprüfung (FSP). Untuk FSP ini sendiri ada 2 pilihan, kita bias langsung mendaftar dan mengajukan formulir untuk langsung mengikuti ujiannya saja atau kita masuk ke STK dulu. Beda? Jelas beda dong, karena kan yang akan diujikan materi2 atau pelajaran2 SMA namun dalam bahasa Jerman, kalo langsung ikut ujiannya gay akin bias lulus apa lagi dengan nilai sangat memuaskan, nah kalo lewat jalur normal ya masuk STK dulu. Jadi di STK kita belajar biasa, normalnya 2 Semester kalo lancer hehehe. Di STK ini udah di pisah2 gitu. Jadi di STK ada beberapa grup: M-Kurs (ini kalo kuliahnya mau ambil jurusan yang berhubungan dengan Kedokteran dan Biologi), T-Kurs (kalo mau ambil Teknik), G-Kurs (kalo mau ambil yg berhubungan dengan Seni), W-Kurs (kalo mau ambil ekonomi) dan S-Kurs (berhubungan dengan bahasa).

Sebelum STK pasti ada ujian masuknya dong, yap. Sempet tes di Marburg, ga lolos, maklum itu dulu beberapa hari dateng langsung tes, na ja masih kulturschock dan lain2, bahasa belum memadai, dan masih sangat minim bahkan. 1 bulan kemudian tes di Leipzig, alhamdulillah dapet. Di kota ini lah ku mulai perjalanan hidup ku, sendiri.

Di STK mulai dapet temen baru, dari negara2 lain. Di kelas aku dari Indo sendiri, yah mayan lah bias mengurangi ngobrol dengan sesame bahasa Indo dan memperbaiki deutsch heheheh, awalnya sih masih pada jaim2 gitu, apalagi dikelas banyak yang dari Negara yg sama, jadi ya kayak ngegrup sendiri2 gitu, tapi ini ga bertahan lama, seminggu dua minggu kami mulai membaur dan lama kelamaan menyatu menjadi sebuah keluarga kecil hahaha.


Oia karena mau masuk Medizin (Kedokteran) aku masuk M-Kurs (Medical-Course). Belajar Biologie, Physik, Chemie, Mathe, Deutsch dan Informatik. Mengulang materi SMA sih, tetapi dalam bahasa Jerman.

Semester pertama, alhamdulillah lancar, nilai bagus, lulus dan naik ke Semester 2. Di Semester 2 ada beberapa jurang, di Klausur ( Ujian) pertama Mathe dapet nilai yang ga begitu memuaskan, gara2 gurunya ganti, dan belom terlalu ngerti gimana metode klausur dia, alhasil banyak temen yang ga lulus. Alhamdlillah lulus si, tapi aku orangnya kan mau dibilang perfeksionis juga enggak, di bilang ambisius juga enggak, yang pasti pingin selalu menjadi salah satu dari yang terbaik, apalagi dibidang pendidikan haha apa banget ya . Untuk mata pelajaran lainnya bagus, lancar alhamdulillah hampir dapet 1 semua. Oh iya disini rentang nilai 1 - 4 . Paling tinggi 1 (91%-100%). Ada 2 klausuren di setiap semester, nah nilai klausur di semester 2 ini nantinya akan digabung dengan nilai FSP untuk jadi nilai akhir di Ijazah STK. Phisik, sakit hati banget, biasanya pas kontrolle ( ujian harian, yang selalu dadakan tanpa pemberitahuan) dapet nilai 1 mulu, paling nggak 2 lah jelek2nya. Klausur pertama dapet 1, klausur ke 2 dapet 2. Nah pas FSP nih sedihnya, gatau kenapa kok dapet 4???!!! Sedih banget, guru aku sampe ga percaya, dan ngoreksi kerjaan aku berulang ulang kali, sedih, dan akhirnya nilai akhir Physik aku ga begitu bagus :( .
Aku selalu menekankan pada diriku sendiri, ah nilai itu ga mencerminkan kemampuan seseorang, pas dapet pahitnya ya nilainya jelek, itu kan ada banyak faktor.

Oke akhir cerita Alhamdulillah aku lulus STK dengan nilai rata2 yang memuaskan, kemudian saatnya daftar Uni jeng jeng jeng. Setelah penantian sekian lama tsaaah, akhirnya tepat pada 06.09.2013 aku mendapatkan Email dari Universität Leipzig yg menyatakan kalo aku keterima di Uni Leipzig, Alhamdulillah seneng nya sungguh mega luar biasa, pingin nya langsung meluk emak, ya sayangnya emak di indo hiks hiks, peluk hp #loh.


Udah dulu ah ya disambung dicerita berikutnya, perjalanan masih berlanjut, semangat!!!!!

0 komentar:

Posting Komentar

 

Autumn itu Maple Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea