Sabtu, 07 Desember 2013

Pflegepraktikum

Diposting oleh Nurul Hasanah di 09.45
Assalamualaikum...

Bismillah yah, :)
Ga ngerti gimana ngejelasin secara enak nya, jadi intinya kuliah Medizin (Kedokteran) itu disini ada 2 bagian selama masa kuliah, masa kuliah normal 12 semester 3 bulan, ini dia:

1. Vorklinik

lamanya 4 semester, setelah itu ada ujian negara, semacam ujian kedokteran tahap awal ( yang pertama) salah satu syaratnya harus udah praktikum minimal 3 bulan, nah praktikum disini lah yang disebut pflegepraktikum. Praktikumnya disini kayak suster, jadi ngelakuin apa yang dilakuin suster, kayak : mandiin pasien, melayani pasien, beresin ruangan pasien, dll.


2. Klinik

setelah vorklinik masuk lah semester agak atas, yaitu klinik, disini nanti ada yang namanya praktek lagi, nah praktikumnya minimal 4 bulan, disini kita sudah bisa memeriksa pasien karena sudah ada ilmunya, jadi udah bersama dokter gitu kerjanya, ga sama suster lagi, yey :D.


Kita mulai cerita yuk. Jadi setelah lulus STK (Feb. 2013) seharusnya daftar Uni, tapi ga sempet udah ketinggalan, karena pendaftaran untuk Sommer Semester batas akhir tgl 15 Juli, sedanglkan aku lulus 1 Feb. Yah sedih, eits enggak dong, udah siap2 dari dulu kok, lagian Sommersemester ga begitu banyak Uni yang buka pendaftaran. Alhasil harus nunggu 1 semester untuk mendaftar di Wintersemester. Yap 1 Semester. Karena udah siap2 dari awal, sebelum lulus STK udah mulai daftar praktikum di Rumah Sakit. Alhamdulillah dapet tempat di Uniklinikum Leipzig. 2 bulan praktikum, 1 bulan di Hals-Nasen-Ohren (HNO) kalo indonya sih THT, dan 1 bulan di Neurologie, Gastroenterologie und Hepatologie.


    Bulan Pertama
04.02.2013 hari pertama di HNO, waktu itu masih winter, dapet Frühdienst (sift pagi), masuk jam 6 pulang 14.30. Berangkat pagi2 masih bersalju, dingin brrr.. Disini banyak ketemu temen baru, banyak kenalan, ada yang sama2 lagi praktikum, anak Medizin semester 1, ada juga yang udah semster 8, dia udah prakteknya kaya dokter, ga kayak aku, heheh. Disini banyak yang aku pelajari, paling utama memperlancar bahasa. Belajar banyak alat2 rumah sakit, bahasa2 medis dan banyak lagi. Oh iya ada beberpa cerita lucu nih, kalo pas dapet shift sampe malem, aku pasti bontot nasi kan, nah masak lah, nah pas makan malem bareng suster dan temen2 yang lainnya, mereka pada heran kagum gitu, kenapa aku tiap hari masak dan terlihat enak tsaaahhh, padahal cuma paling goreng fischtäbchen sma bikin tumis haha. Eh dulu pernah iseng bawa pisang goreng aku kasi ke mereka, ih mereka seneng bgt, enak katanya, minta diajarin bikin padaan wkwkw.
Disini setiap pasien yang masuk pasti akan dioperasi, nah setelah dioperasi kebanyakan pada susah ngomong atau ngomongnya ga jelas, disinilah mulai belajar memahami bahasa dan maksud pasien, apa yg dia pingin. Ga kerasa waktu berlalu begitu cepat, tiba2 udah 1 bulan aja, nah pamitan nih ceritanya ama pasien2 yang udah deket, hampir semua deket sih, soalnya tiap hari ketemu, oh iya tugas aku biasanya ngukur temperatur, tekanan darah, gula darah, nganter dan jemput pasien dari ruang operasi dll. Pas pamitan seneng deh, para pasien pada ngedoain gitu, malah ada yang sampe ngasih kado segala, biasa coklat. Jerman terkenal selain mobilnya juga coklatnya yang macem2 dan enak2 bgt loh. Ada yang sampe minta alamat dan ngasih alamatnya balik. Seru sih, bikin kangen nih Rumah sakit. bye-bye HNO.

    Bulan Kedua
05.03.2013 beranjak ke stasiun berikutnya, yaitu bagian yang berhubungan dengan syaraf, usus dan hati. Aku bingung mau cerita apa dari stasiun ini, ga ada yang spesial, eh doch ada. Pernah dulu beberapa hari pake khimar item dan baju daleman panjang item, banyak bgt pasien yang nanya apa ada arti khusus kok aku pake item2 gitu, yah mau gamau harus jelasin, padahal ga ada arti khusus, ada yang bahkan ngira lagi sedih, padahal cuma matchingin baju ama khimarnya aja -_-. Ada ibu2 yang sering ngobrol sama aku, die ngerasa seneng aku banyak bantu dia dan begitu perhatian, eh aku dikasih hadiah. Ada lagi ibu2 yang sengaja nanya tentang jilbab, ga lama aku lagi di koridor dipanggil sama bapak2, dia minta aku dateng untuk ngeliat istrinya di kamar, aku tanya kenapa kok ga ngebel aja, kata dia udah dateng aja, eh gataunya si istri mau ngasih aku coklat 1 kotak gitu, dia bilang itu rasanya enak banget, udah selipin dikantong aja, jangan bilang ke suster, dia ngasih itu karena suka dengan keramahan aku, terutama pas dia tanya tentang jilbab. Waw padahal biasa aja, kan emang kita harus selalu berlaku baik dan ramah sama siapapun yah hmmmh…. tapi ada yang nyebelin juga nih di stasiun ini, namanya suster claudia, dia ngeselin deh. Pas hari pertama dia ngeliat aku dia ramah datengin aku dan nanya2, eh ujung2nya dia nyindir soal jilbab, aku bilang aja aku udah sebulan kok praktikum di HNO dan ga ada masalah, dia bilang dia akan tetep tanya soalnya menyangkut kehigenisan, apa bgt dah, tapi alhasil tetep boleh kok yeey ga ada masalah, rese aja huh :p


selama praktikum aku merasa ini benar2 cocok dengan ku, aku semakin mantap untuk menjadi dokter. Doakan ya guys mudah2an dilancarkan dan istiqomah belajarnya hihihihhi!!



daan itu lah 2 bulan  cerita singkat praktikum ku. Kalo mau diceritain semuanya panjang, ada pertanyaan? tanya langsung aja hahaha :p

0 komentar:

Posting Komentar

 

Autumn itu Maple Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea